Glenn Alinskie Bermain Face Painting Bersama Anaknya, Aman Enggak Ya?

Keluarga Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie. Foto: Instagram/@chelseaoliviaa

Beberapa anak balita biasanya menyukai kegiatan menggambar. Mencoret-coret kertas dan tembok umumnya menjadi aktivitas favorit si kecil.

Tak hanya itu, kegiatan face painting atau melukis wajah juga digemari oleh beberapa anak. Apalagi jika wajahnya dilukis dengan berbagai macam gambar lucu. Mulai dari hewan favorit, tokoh kartun favorit, hingga badut.

Salah satu selebriti Tanah Air, Glenn Alinskie juga baru saja melakukan face painting pada putri sulungnya, Nastusha Olivia Alinske. Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram Nastusha baru-baru ini.

“Daddy bagian face painting,lalu Mommy bagian hair do & make up…. My Mommy & Daddy is perfect combination,” kata Nastusha dalam keterangannya.

Dalam foto tersebut, terlihat Nastusha tersenyum ke arah kamera sambil memperlihatkan face painting karya ayahnya. Tampak gambar pelangi dengan 3 warna yang membentang dari sisi kiri kening ke sisi kanan Nastusha.

Perlu kita ketahui bahwa aktivitas face painting tidak bisa dilakukan dengan cat biasa, Moms. Tapi, apakah cat wajah tersebut aman bagi anak-anak? Simak penjelasannya di sini.

Penjelasan Face Painting dan Keamanannya untuk Anak

Face Painting Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Dilansir A Child Grows, sebuah laporan dari Breast Cancer Fund yang berjudul, Pretty Scary 2: Unmasking Toxic Chemicals in Kid’s Makeup, mengungkapkan bahwa lebih dari 50 persen dari cat wajah dan kosmetik yang dipasarkan ke anak-anak tidak aman karena mengandung setidaknya satu bahan atau kontaminan. Kandungan ini dapat memengaruhi gangguan hormon.

Laporan ini didasarkan pada penelitian dan pengujian laboratorium yang dilakukan pada 187 produk kosmetik yang dipasarkan untuk anak-anak. Di antara bahan berbahaya yang ditemukan dalam produk ini adalah timbal, kadmium, stirena, formaldehida dan senyawa organik yang mudah menguap (VOC) seperti benzena dan toluena.

“Menggunakan cat wajah setahun sekali mungkin tidak akan menghasilkan apa-apa secara kesehatan. Tapi, tetap tidak ada alasan logam berat ini perlu ada dalam kosmetik anak,” kata Dr. Wally Ghurabi, kepala layanan darurat, Santa Monica-UCLA dan Rumah Sakit Ortopedi California, AS.

Pastikan Kandungannya Aman untuk Anak

Menurut para peneliti, kehadiran timbal dan kadmium dalam produk anak-anak sangat berbahaya. Hubungan kuat timbal dengan gangguan neurologis dan intelektual telah membuat Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), menyatakan tidak ada kadar timbal yang dinilai aman di dalam darah.

Oleh sebab itu, sebelum membeli cat painting untuk anak, pastikan dulu keamanan bahannya, Moms. Anda bisa memilih face painting yang berbahan dasar water based. Produk yang berkualitas dan aman juga bisa meminimalisir iritasi pada kulit anak.

Jangan lupa, perhatikan pula kebersihan alat yang dipakai buat melukis, termasuk palet dan kuas. Kuas yang lembut dan tidak mudah rontok bisa menjadi pilihan.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis

Comments are closed.