Gedung Putih Kirim Tim Respons Khusus untuk Lacak Varian Delta

Petugas rumah sakit mengecek kesehatan para pengendara di Indian Wells, California, AS, 26 Maret 2020. Foto: REUTERS/Lucy Nicholson

Dalam rangka menghadapi lonjakan kasus COVID-19 akibat varian Delta, Gedung Putih akan mengirimkan tim respons khusus ke berbagai lokasi di penjuru Amerika Serikat.

Pada Kamis (1/7), Penasihat Senior COVID-19 Gedung Putih, Jeffrey Zients, mengatakan bahwa tim respons akan dipersiapkan untuk mempercepat testing dan perawatan COVID-19 tambahan di lokasi dan komunitas tempat terjadinya lonjakan kasus corona.

Dalam kesempatan ini, Gedung Putih juga mengajak warga AS untuk sesegera mungkin divaksinasi, demi menekan laju penularan COVID-19.

Zients mengatakan, personel pemerintahan federal akan membantu berbagai komunitas warga dengan menyediakan tenaga kesehatan publik dan CDC akan memberikan bantuan dalam proses menahan lonjakan kasus.

Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), Rochelle Walensky, mengungkapkan bahwa rata-rata penambahan kasus COVID-19 mingguan di AS menunjukkan adanya peningkatan hingga 10 persen sejak pekan lalu.

“Sudah jelas sekali, komunitas yang mana orang-orangnya tetap tidak divaksinasi adalah komunitas yang tetap rentan,” tegas Rochelle pada Selasa (29/6), sebagaimana dikutip dari Reuters.

Ilustrasi Virus Corona. Foto: Shutter Stock

Walensky menambahkan, varian Delta—varian virus corona yang jauh lebih menular dibandingkan dengan varian lainnya—diperkirakan sudah menjadi varian paling dominan kedua di AS.

Amerika Serikat hingga saat ini menjadi negara terdepan dalam program vaksinasi di dunia. Lebih dari 180 juta orang telah divaksinasi setidaknya satu dosis, dan sekitar 155 juta telah divaksinasi dosis penuh.

Comments are closed.