Gareth Southgate Jelang Ukraina vs Inggris: Kami Menanti Tantangan

Ekspresi pelatih Inggris Gareth Southgate saat melawan Jerman pada pertandingan babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Catherine Ivill/Reuters

Inggris akan menghadapi Ukraina dalam laga perempat final Euro 2020 yang akan berlangsung di Stadio Olimpico, Roma, Italia, Minggu (4/7) dini hari WIB. Gareth Southgate mengaku anak asuhnya tak gentar jelang laga nanti dan malah menantikan tantangan.

Laga kontra Ukraina–kuda hitam yang memberi kejutan di Euro 2020–adalah pertama kalinya bagi Inggris tidak bermain di Stadion Wembley, London, pada turnamen ini. Meski begitu, Southgate menegaskan timnya sudah siap.

“Sejak peluit akhir dibunyikan tempo hari (di laga Inggris vs Jerman), para pemain sudah membicarakan pertandingan berikutnya [kontra Ukraina] dan bersiap untuk itu,” kata Southgate, dikutip dari Sports Yahoo.

“Mereka menyadari bahwa meskipun mereka menyukai pengalaman pertandingan terakhir, Anda bergerak cepat di turnamen dan kami belum mencapai titik yang kami inginkan,” lanjutnya.

Bukayo Saka Inggris dengan manajer Gareth Southgate setelah diganti di Stadion Wembley, London, Inggris, Selasa (22/6). Foto: Pool via REUTERS/Neil Hall

Gareth Southgate menekankan bahwa kunci bagi Inggris untuk memenangi laga kontra Ukraina di Roma adalah fokus. Dan untuk saat ini, ia menyebut bahwa skuad The Three Lions telah memiliki fokus yang baik di Euro 2020.

“Tidak terlalu sulit untuk memfokuskan kembali para pemain. Kesempatan ada di sana, kepercayaan diri ada di sana. Mereka menantikan tantangan,” tegas Southgate.

Dengan berkata seperti itu, Southgate boleh dibilang sudah siap dengan perlawanan dan kejutan yang mungkin akan diberikan Ukraina. Sebab sebelumnya, Andriy Shevchenko selaku pelatih dari kubu lawan mengaku tak gentar pada Inggris.

”Memang, mereka sulit dilawan. Tetapi, kekuatan mereka tak membuat kami takut,” ucap eks pemain AC Milan itu, dikutip dari Sport Bible.

***

Comments are closed.