Ganjar Pranowo Usulkan Perguruan Tinggi Dilibatkan dalam Penanganan COVID-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

SOLO – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan agar pemerintah melibatkan Perguruan Tinggi untuk ikut membantu dalam penanganan kasus COVID-19.

Menurut Ganjar, saat ini bantuan dari sejumlah organisasi belum mencukupi kebutuhan. Bantuan yang saat ini sudah dikerahkan antara lain dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (Persi).

“Kemarin saat rapat dengan Pak Menko (Luhut), kami usulkan kerja sama dengan perguruan tinggi untuk membantu,” kata Ganjar saat mengunjungi rumah sakit lapangan yang dibangun TNI di Benteng Vastenburg, Kota Solo, Rabu (30/6/2021).

Pelibatan perguruan tinggi dalam membantu penanganan COVID-19 menurutnya bisa dilakukan melalui koordinasi antara Menteri pendidikan dan menteri kesehatan.

Pihaknya menyarankan agar mahasiswa kedokteran semester akhir dan dokter-dokter internship didorong untuk membantu penanganan pasien di rumah sakit. “Mereka bisa langsung menangani pasien COVID-19 maupun pasien umum,” ucapnya.

Melalui cara tersebut, lanjutnya, dokter senior yang saat ini menangani pasien umum bisa langsung digeser untuk ikut membantu menangani pasien COVID-19.

(Tara Wahyu)

Comments are closed.