FP1 MotoGP Prancis: Pol Espargaro Tercepat, Marc Marquez Tak 10 Besar

Pembalap Repsol Honda Team Pol Espargaro memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). Foto: Andika Wahyu/ANTARA FOTO

Free Practice 1 (FP1) MotoGP Prancis dihelat di Sirkuit Le Mans, Le Mans, Prancis pada Jumat (15/3). Pol Espargaro menjadi yang tercepat di sesi ini.

Sementara itu, nasib yang berbeda dialami rekan setimnya di Repsol Honda. Marc Marquez mengalami sedikti kesulitan dengan finis di luar 10 besar, tepatnya P11.

Jalannya FP1 MotoGP Prancis (45 Menit)

Alex Rins telah menjadi yang tercepat sejak awal sesi. Setidaknya hingga 10 menit sesi berlangsung, pebalap Suzuki Ecstar tersebut memiliki catatan waktu 1:32.545.

Akan tetapi, Maverick Vinales yang terus membuntutinya akhrirnya mencuri tempat. Pebalap Aprilia Racing Team itu melesat dengan 1:32.418.

Pembalap Aprilia Racing Team, Maverick Vinales, di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. Foto: Dok. Aprilia Indonesia

Sementara itu, Pol Espargaro merangsek ke P2 menggeser Rins. Pebalap Repsol Honda itu berjarak 0,112 detik dari Vinales, sementara Jack Miller dan Fabio Quartararo mengisi P4 dan P5.

Saat sesi menyisakan 28 menit, Miller mencatatkan fastest lap dan menggeser Vinales. Pebalap Ducati itu memiliki catatan waktu 1:32,345.

Sempat digeser Quartararo, Miller justru mampu memperbaiki catatan waktunya menjadi 1:32,101. Vinales, Pol, dan Rins melengkapi lima besar.

Posisi 10 besar di 20 menit tersisa: Miller, Quartararo, Vinales, Pol, Rins, Aleix Espargaro, Jorge Martin, Joan Mir, Marc Marquez, dan Luca Marini.

Marc Marquez melintas ketika sesi pemanasan di Sirkuit Mandalika, Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (20/3/2022).
Foto: Willy Kurniawan/Reuters

15 menit tersisa, Marc Marquez nyaris mengalami crash di tikungan delapan. Ia kini turun ke P10, sementara Rins dan Pol menyodok ke P2 dan P3.

Tiga menit berselang, tikungan keempat memakan korban. Adalah Fabio Di Gianantonio yang mengalami crash, di saat yang sama Marc Marquez terlempar dari 10 besar.

Sisa delapan menit, Miguel Oliveira mengalami insiden di tikungan delapan. Beruntung, Francesco Bagnaia yang berada di belakangnya mampu menghindar.

Fabio Quartararo melintas ketika sesi pemanasan di Sirkuit Mandalika, Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (20/3/2022).
Foto: Willy Kurniawan/Reuters

Lima menit tersisa, Rins melesat jadi yang tercepat dengan 1:31,961. Ia lebih cepat 0,131 detik dari Miller, sedangkan Quartararo merangsek ke P3.

Tak lama, Quartararo dan Miller meningkat lagi. Quartararo jadi yang tercepat dengan 1:31,912, sementara Miller membuntutinya dengan jarak 0,049 detik.

Pol Espargaro membuat kejutan di menit-menit akhir, menjadi yang tercepat dengan catatan 1:31,771. Rekan setimnya, Marc Marquez terlempar dari 10 besar.

Comments are closed.