FOTO: Penyekatan Kendaraan di Batas Kota Solo

Polisi memeriksa identitas pengendara kendaraan di pos penyekatan yang ada di Kota Solo

SOLO-Tim gabungan yang terdiri dari unsur Polri, TNI dan Satpol PP melakukan operasi penyekatan di batas Kota Solo, Sabtu (03/07/2021). Penyekatan kembali dilakukan setelah kota itu termasuk salah satu daerah yang harus menerapkan PPKM Darurat.

Dalam operasi tersebut mereka menghentikan kendaraan yang berplat nomor luar kota. “Kami periksa Kartu Tanda Penduduk (KTP), jika ada dari luar Kota Solo maka kami minta putar balik,” kata Wakapolresta Solo AKBP Gatot Yulianto.

Satpol PP memeriksa identitas pengendara kendaraan di pos penyekatan yang ada di Kota Solo

Pihaknya juga memberlakukan syarat hasil tes swab antigen maupun PCR bagi warga luar kota yang akan masuk ke Kota Solo. Selain surat hasil tes tersebut, warga luar kota yang ingin masuk ke Solo juga harus memiliki alasan yang penting.

Polisi memeriksa barang bawaan kendaraan di pos penyekatan yang ada di Kota Solo

“Hanya boleh untuk kegiatan yang urgent,” kata Gatot. Langkah tersebut diambil untuk menekan penyebaran wabah COVID-19 yang terus merebak di beberapa hari terakhir.

Dalam operasi yang digelar sore hari itu petugas menghentikan sejumlah mobil berplat nomor luar kota seperti Jakarta, Surabaya dan Garut. Namun, pengendaranya ternyata berdomisili di Kota Solo dan sekitarnya.

Polisi memeriksa identitas pengendara kendaraan di pos penyekatan yang ada di Kota Solo

Hal itu membuat mereka masih diperkenankan memasuki Kota Solo tanpa harus diperintahkan berputar balik. Menurut Gatot, operasi penyekatan itu dilakukan di dua tempat, yaitu di depan Taman Jurug dan Perempatan Faroka.

(Agung Santoso)

Comments are closed.