Foto: Melihat Para Kandidat Perempuan Pribumi Untuk Kongres Brasil

Beberapa kandidat perempuan untuk kongres Brasil diantaranya Vanderlecia Ortega dos Santos, Tereza Arapium, Celia Xakriaba dan Sonia Guajajara. Foto: ReutersCelia Xakriaba, dari masyarakat adat Xakriaba, calon wakil negara bagian Minas Gerais dari Partai Sosialisme dan Kebebasan (PSol), berbicara dengan para pendukungnya di Belo Horizonte, Brasil, Selasa (20/9/2022). Foto: Whashington Alves/ReutersSonia Guajajara, ketua organisasi Articulation of Indigenous Peoples of Brazil (APIB) dan calon wakil federal, berfoto di markas kampanyenya di Sao Paulo, Brasil, Rabu (21/9/2022). Foto: Amanda Perobelli/ReutersSonia Guajajara, ketua organisasi Articulation of Indigenous Peoples of Brazil (APIB) dan kandidat wakil federal, menghadiri protes terhadap kekerasan dan kematian yang diderita masyarakat adat baru-baru ini, di Sao Paulo, Brasil, Minggu (18/9/2022). Foto: Amanda Perobelli/ReutersTereza Arapium, dari masyarakat adat Arapium, calon wakil negara bagian Rio de Janeiro untuk partai Rede Sustentabilidade, duduk di tempat tidur gantung di rumahnya di Rio de Janeiro, Brasil, Selasa (20/9/2022). Foto: Pilar Olivares/ReutersTereza Arapium, dari masyarakat adat Arapium, calon wakil negara bagian Rio de Janeiro untuk partai Rede Sustentabilidade berbicara dengan Pribumi Potira di Aldeia Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Jumat (22/9/2022). Foto: Pilar Olivares/ReutersVanderlecia Ortega dos Santos (Vanda) dari masyarakat adat Witoto, calon wakil negara bagian Amazonas dari partai Rede, berpose untuk foto selama wawancara dengan Reuters setelah tiba dari perjalanan kampanye ke masyarakat adat, di Manaus, Brasil, Selasa (20/9/2022). Foto: Bruno Kelly/ReutersVanderlecia Ortega dos Santos (Vanda) dari masyarakat adat Witoto, calon wakil negara bagian Amazonas dari partai Rede, disambut oleh pendukungnya saat tiba dari perjalanan kampanye ke masyarakat adat di Manaus, Brasil, Minggu (18/9/2022). Foto: Bruno Kelly/Reuters

Mayoritas perempuan yang merupakan pemimpin adat mencalonkan diri untuk jabatan federal dalam kongres Brasil bulan depan.

Otoritas pemilihan Brasil telah mendaftarkan 60 kandidat pribumi yang 31 di antaranya adalah perempuan untuk kongres tahun ini.

Para kandidat perempuan ini ingin menentang kebijakan Presiden Jair Bolsonaro yang melonggarkan deforestasi, membatasi wilayah dan merampas hak-hak adat.

Celia Xakriaba, dari masyarakat adat Xakriaba, calon wakil negara bagian Minas Gerais dari Partai Sosialisme dan Kebebasan (PSol), tersenyum sambil berpose untuk foto di Belo Horizonte, Brazil, Selasa (20/9/2022). Foto: Whashington Alves/Reuters

Comments are closed.