Fahira Idris Bicara Bekal Anies Pimpin Indonesia: Lompatan Kemajuan Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan keterangan pers di Balai Kota, Jakarta, Senin (27/6/2022). Foto: Pemprov DKI Jakarta

Politikus Partai Golkar sekaligus anggota DPD RI dari Dapil DKI Jakarta Fahira Idris mengatakan, Anies Baswedan memiliki modal untuk memimpin Indonesia.

Adapun modal yang dimaksud Fahira Idris adalah deretan program kerja Anies yang berhasil dituntaskan selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Menurut Fahira, deretan program Anies telah memberikan kemajuan bagi Jakarta.

“Bagi saya kemampuan Pak Anies Baswedan mengoptimalkan kewenangannya sebagai gubernur untuk melakukan lompatan bagi kemajuan di Jakarta inilah yang menjadi rekam jejak baik untuk pemimpin Indonesia,” kata Fahira dalam paparannya di acara 5 tahun refleksi kepemimpinan Anies Baswedan di Hotel Gren Alia Jakarta, Jumat (23/9) malam.

Fahira Idris di Polda Metro Jaya Foto: Diah Harni/kumparan

Saat ini, Anies tengah menjalani satu bulan terakhir masa jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Meski santer disebut akan melenggang ke bursa Capres 2024, Anies masih ogah untuk buka suara.

Anies sempat mengatakan, akan mempertimbangkan kemungkinan nyapres jika ada partai politik yang bersedia mendukungnya.

Namun hingga kini, Anies masih berdiri independen tanpa sokongan dari partai mana pun, meski belakangan sejumlah partai seperti NasDem memasukkan Anies dalam rekomendasi Capres 2024 dan berbagai survei memperlihatkan elektabilitas Anies di bursa capres.

Anies Baswedan bersepeda di kawasan Kota Tua saat akan meresmikan pembukaan kembali Kota Tua Jakarta, Sabtu (10/9/2022). Foto: Hedi/kumparan

Terlepas dari itu, Fahira beranggapan Indonesia membutuhkan sosok pemimpin seperti Anies yang tidak berpihak pada golongan tertentu. Fahira juga menyadari ada perbedaan mendasar sebagai pemimpin daerah dan pemimpin negara.

“Memang memimpin Jakarta tidak sama dengan memimpin Indonesia, namun kewenangan konstitusi yang diberikan kepada Presiden sangat besar sehingga menurut saya sepadan dengan tantangan yang dihadapi dalam memimpin Indonesia,” kata Fahira.

“Dengan kapasitas dan jejak rekamnya tentu pertama selama kepemimpinannya di Jakarta bagi saya sosok Anies Baswedan mampu melakukan lompatan besar seperti yang dia lakukan di Jakarta,” lanjutnya.

Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Senin (25/4). Foto: Instagram/@aniesbaswedan

Maka dari itu, kata Fahira, Anies cocok melaju di Pilpres 2024. Sebab menurutnya, seluruh kriteria Presiden dimiliki Anies.

“Ke depan Indonesia membutuhkan pemimpin yang punya ketegasan melindungi kepentingan nasional dari para pemburu rente. Paham geopolitik dan mempunyai gagasan dan narasi yang baik menyampaikan visi Indonesia terhadap dunia di forum-forum global,” pungkasnya.

Comments are closed.