Euro 2020: Spanyol Mungkin Butuh Adu Penalti Untuk Singkirkan Italia

Pemain Spanyol Unai Simon dan Mikel Oyarzabal merayakan kemenangan usai adu penalti saat melawan Swiss pada perempat final Euro 2020 di Stadion Saint Petersburg, Rusia. Foto: Kirill Kudryavtsev/Reuters

Duel Italia vs Spanyol di babak semifinal Euro 2020 tentu bakal menarik perhatian. Spanyol punya catatan apik saat adu penalti kontra Italia.

Italia lolos setelah berhasil mengalahkan Belgia dengan skor tipis 2-1. Pasukan Roberto Mancini sempat unggul dua gol lebih dulu melalui aksi Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne sebelum dibalas Romelu Lukaku.

Di sisi lain, Spanyol membutuhkan sedikit perjuangan. Gol bunuh diri Denis Zakaria membuat mereka unggul di awal laga, tapi kedudukan bisa disamakan Xherdan Shaqiri. Kemenangan baru didapatkan lewat drama adu penalti dengan skor 3-1.

Italia dan Spanyol pun bakal adu kuat di semifinal Euro 2020 pada hari Rabu (7/7/2021) dini hari WIB di Wembley Stadium, London, Inggris.

Pemain Italia merayakan kemenangan usai melawan Belgia pada Perempat Final Euro 2020 di Football Arena Munich, Jerman. Foto: Andreas Gebert/Reuters

Jelang laga, Football Italia mencatat kalau Italia dan Spanyol bertemu sebanyak 38 kali termasuk di laga uji coba. 13 pertandingan berhasil dimenangkan Spanyol, Italia 11 kali dan sisanya berakhir imbang.

Pertemuan terakhir antara kedua tim terjadi pada laga babak kualifikasi Piala Dunia 2018 lalu. Pertemuan pertama berakhir imbang dengan 1-1, sementara leg kedua sukses dimenangi oleh Spanyol dengan skor 3-0.

Ada satu catatan menarik soal pertemuan kedua negara di turnamen resmi. Secara umum, Spanyol menang tiga pertemuan, tiga kali imbang, dan tiga kalah. Namun hanya sekali Spanyol bisa keluar sebagai pemenang di waktu normal.

De Rossi dan Verratti di laga versus Spanyol. Foto: PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP

Kemenangan tersebut didapatkan pada laga final Euro 2012 silam, di mana Spanyol menghajar Italia empat gol tanpa balas. Sementara dua lainnya baru bisa didapatkan setelah Spanyol memaksa Italia bermain hingga drama adu penalti.

Dua kemenangan Spanyol itu terjadi dalam kompetisi yang berbeda. Pertama diraih di babak semifinal Piala Konfederasi tahun 2013 lalu dan kedua dimenangi pada laga perempat final Euro 2008.

Kini, La Furia Roja mungkin butuh babak adu penalti lagi untuk bisa menyingkirkan Italia. Sebab, Ciro Immobile dan kolega tengah dalam performa yang ganas. Lantas, siapakah yang mampu meraih satu tiket final?

****

Comments are closed.