Dukung Dermatolog Indonesia Riset Rambut & Kulit, L’Oreal Hibahkan Rp375 Juta

Dukung Dermatolog Indonesia Riset soal Rambut & Kulit, L’Oreal Hibahkan Rp375 Juta (Dok. Loreal) Foto: Dok. Loreal

Tren terkait perawatan rambut dan kulit terus berkembang seiring kemajuan zaman. Tren yang sempat ramai di beberapa tahun silam mungkin sudah tidak relevan di masa sekarang. Karena itu, penelitian terkait rambut dan kulit perlu terus dilakukan.

Sejalan dengan ini, L’Oréal terus berkomitmen mendukung dan memajukan sains di Indonesia agar para peneliti dapat mewujudkan riset yang dapat menjawab tantangan dunia. Salah satu komitmen yang dilakukan L’Oréal, yakni bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan kelamin Indonesia (PERDOSKI) dan Universitas Indonesia untuk menghadirkan kembali Hair and Skin Research Grant 2022.

Ini adalah program pemberian dana hibah penelitian terkait rambut dan kulit bagi para peneliti dan dermatolog yang diadakan sejak 2021. Meningkat dibanding tahun lalu, pemberian jumlah dana hibah menjadi Rp375 juta untuk lima tim pemenang.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur L’Oréal Indonesia, Junaid Murtaza mengatakan bahwa pihaknya percaya sains adalah pendorong inovasi. Berlandaskan komitmen untuk menciptakan kecantikan yang menggerakkan dunia, L’Oréal secara konsisten melakukan berbagai program untuk memajukan dunia sains dan penelitian di Indonesia.

Presiden Direktur L’Oréal Indonesia, Junaid Murtaza. (Dok. Loreal) Foto: Dok. Loreal

“Kami terus mendukung para peneliti untuk menghasilkan ide dan inovasi baru yang dapat membantu memberikan solusi untuk masalah dan tantangan global saat ini dan masa depan. Untuk terus mendukung semangat tersebut, program filantropi ‘Hair & Skin Research Grant’ menjadi salah satu bukti bahwa kami senantiasa mendukung para peneliti,” ujar Junaid.

Sementara itu, Michèle Verschoore, Medical Director L’Oréal Research, Innovation and Technologies menyatakan bahwa dibandingkan negara lain, Indonesia memiliki jumlah dermatolog lebih sedikit. Untuk itu, pihaknya ingin mengoptimalkan para peneliti yang ada, serta menumbuhkan minat akan sains dari generasi muda, termasuk melalui program filantropi Hair & Skin Research Grant.

Michèle Verschoore, Medical Director L’Oréal Research, Innovation and Technologies. Foto: Dok. Loreal

“Selain berkesempatan untuk merealisasikan proposal penelitian mereka, kelima tim pemenang juga mendapatkan kesempatan lebih besar untuk ditampilkan dalam jurnal internasional. Saya berharap proyek-proyek terpilih tahun 2022 semuanya sukses, dan penelitian mereka dapat memberikan dampak nyata bagi dunia sains, peneliti, dermatolog, dan konsumen Indonesia,” ujar Michèle.

Diharapkan meningkatkan kualitas perawatan rambut dan kulit

Dukung Dermatolog Indonesia Riset soal Rambut & Kulit, L’Oreal Hibahkan Rp375 Juta (Dok. Loreal) Foto: Dok. Loreal

Dalam kesempatan yang sama, Dr. dr. M. Yulianto Listiawan, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV, Ketua Umum PERDOSKI menyebutkan bahwa pihaknya telah menerima 29 proposal melalui proses penjurian yang ketat. Dewan juri menentukan pemenang dengan kriteria: value and significance, scientific quality, originality, dan feasibility.

Dari semua proposal itu, dipilih lima pemenang. Lantas, penelitian apa saja yang berhasil mendapatkan dana hibah dari program Hair & Skin Research Grant 2022? Buat kamu yang penasaran, berikut daftarnya:

1. Potensi Bawang Hitam Tunggal sebagai Anti-Jerawat yang Disebabkan Bakteri Propionibacterium acnes, Staphylococcus aureus, dan Staphylococcus epidermidis

Riset ini akan menguji potensi ekstrak bawang hitam tunggal untuk menghambat pertumbuhan bakteri pathogen penyebab jerawat Propionibacterium acnes, Staphylococcus aureus, dan Staphyllococcus epidermidis.

2. Efektifitas dan Keamanan Kombinasi Finasteride dan Minoxidil Topikal Dibanding Minoxidil Topikal untuk Perawatan Androgenetic Alopecia pada Pria

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu pilihan bagi pria untuk dapat merawat dan mengobati Androgenetic Alopecia (AGA), dengan efek samping sistemik yang lebih kecil.

AGA merupakan kondisi kebotakan rambut yang disebabkan oleh kerentanan rambut terhadap androgen yang memicu mengecilnya folikel rambut.

Dukung Dermatolog Indonesia Riset soal Rambut & Kulit, L’Oreal Hibahkan Rp375 Juta (Dok. Loreal) Foto: Dok. Loreal

3. Hubungan Kadar Vitamin D Pada Derajat Keparahan Alopesia Androgenetik Pada Laki-laki Usia Muda

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meneliti hubungan kadar vitamin D dalam darah dengan derajat keparahan AGA pada laki-laki usia muda.

4. Profiling Mikrobiota Menggunakan Analisis Genom Berbasis Kecerdasan Buatan untuk Kulit Berminyak#Sensitif Orang Indonesia: Sebuah Studi Awal

Riset ini merupakan suatu pilot project (studi awal) yang dilakukan di Indonesia dan diharapkan dapat menyediakan data dasar penting seputar profil mikrobioma kulit pada jenis kulit sensitif-berminyak orang Indonesia.

5. Pemetaan Jenis Kulit Orang Indonesia dengan Klasifikasi Baumann pada Penduduk Perkotaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kulit penduduk perkotaan Indonesia, yang akan membantu pasien dan dokter dalam menentukan perawatan kulit yang tepat bagi setiap individu, serta mendukung industri dalam menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan setiap orang.

Dengan adanya program ini, L’Oréal, PERDOSKI dan Universitas Indonesia ingin memajukan para peneliti dan dermatolog Indonesia dalam membuat penelitian mengenai rambut dan kulit. “Kami harapkan hasil akhir dari program ini dapat memberikan sumbangsih nyata dalam peningkatan kualitas perawatan rambut dan kulit yang dihadapi masyarakat sehari-harinya di Indonesia dan seluruh dunia,” ujar Yulianto.

Comments are closed.