Dubes RI untuk Ukraina, Gafhur Akbar Dharmaputra, Meninggal Dunia

Ghafur Akbar Dharmaputra, Dubes RI untuk Ukraina. Foto: Kemlu RI

Kabar duka menyelimuti dunia diplomasi Indonesia. Duta Besar RI untuk Ukraina, Gafhur Akbar Dharmaputra, meninggal dunia.

Informasi diterima kumparan, Dubes Gafhur meninggal dunia pada Kamis (12/5/2022) di Jakarta.

Kabar mengenai meninggalnya Dubes Gafhur dikonfirmasi oleh jubir Kemlu RI, Teuku Faizasyah lewat pesan kepada kumparan.

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, Menteri Luar Negeri, Wakil Menteri Luar Negeri beserta seluruh jajaran di Kementerian Luar Negeri RI berduka cita yang mendalam atas meninggalnya Duta Besar Gafhur Akbar Dharmaputra,” ucap Faizasyah Jumat (13/5/2022).

Faizasyah mengatakan, Dubes Gafhur meninggal dunia karena sakit. Namun, ia tidak mengungkap detail penyakit yang diderita Gafhur.

Faizasyah menambahkan, Gafhur adalah dubes karier Kementerian Luar Negeri. Semasa hidup Dubes Gafhur jadi salah satu pihak paling berjasa dalam mengevakuasi WNI keluar dari Ukraina, saat Rusia meluncurkan invasi.

“Sewaktu menjabat sebagai Duta Besar RI di Ukraina, almarhum telah berjasa dalam membantu evakuasi WNI dan menjaga kepentingan RI selama masa yang sangat sulit di Ukraina. Almarhum terus menjalankan tugas-tugasnya sebagai Duta Besar secara paripurna hingga saat-saat terakhir,” ujar Faizasyah.

“Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisiNya dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan di masa yang sulit ini,” sambung dia.

Comments are closed.