Dua Atlet Ini yang Akan Bawa Bendera Indonesia di Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Peselancar Rio Waida (kanan) disambut rekannya setibanya di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (17/6/2021). Foto: Fikri Yusuf/ANTARA FOTO

Olimpiade Tokyo 2020 akan dibuka pada 23 Juli mendatang. Seharusnya, multi-event internasional itu digelar pada tahun lalu. Namun, pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia membuat panitia menunda penyelenggaraannya menjadi tahun ini.

Indonesia sendiri mengirimkan 28 atlet yang akan berlaga dalam delapan cabang olahraga. Kedelapan cabang tersebut adalah atletik, renang, panahan, angkat besi, dayung, menembak, selancar ombak, dan bulu tangkis.

Dalam pembukaan nanti, Indonesia sudah menyiapkan dua atlet yang akan membawa bendera merah putih. Lalu, siapakah atlet tersebut?

Lifter putri Indonesia, Nurul Akmal. Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

“Defile memang kita prokes sangat ketat jadi kita diminta untuk memakai kostum yang tidak berat karena dipakai sendiri. Rencananya ada dua orang putra putri sebagai pembawa bendera. Satu Nurul Akmal (angkat besi) dan satu lagi Rio Waida (selancar),” ucap Chef de Mission (CdM) Olimpiade, Rosan P. Roeslani dalam jumpa pers secara virtual, Kamis (8/7).

“Untuk atlet tidak semua ikut serta dalam defile karena terbatas dan atlet yang akan bertanding keesokan harinya tidak kita ikut sertakan. Kostum atlet defile menggunakan jas yang sporty dengan kombinasi warna putih dan merah sesuai dengan bendera kita,” tambahnya.

Di Olimpiade Tokyo 2020 ini, Indonesia tak mematok berapa emas yang harus diraih oleh para atletnya. Pemerintah melalui Menpora menginginkan posisi di papan klasemen lebih baik dari apa yang pernah dicapai pada edisi sebelumnya.

****

Comments are closed.