Doa MBZ Usai Terpilih Jadi Presiden UEA: Semoga Allah SWT Membantu Saya

Mohamed bin Zayed Al Nahyan. Foto: Hannan Mckay/AFP

Putra Mahkota Abu Dhabi Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) mengungkap apresiasi usai terpilih sebagai presiden Uni Emirat Arab (UEA) pada Sabtu (14/5/2022).

MBZ menjadi presiden ketiga negara itu usai kematian kakaknya. Sheikh Khalifa meninggal dunia pada Jumat (13/5/2022).

Sheikh Mohamed ditunjuk menggantikan kakaknya oleh Dewan Tertinggi Federal UEA. Selama ini, dia juga telah memerintah negara itu sebagai pemimpin de facto.

MBZ lantas menyatakan apresiasi terhadap berbagai pihak yang mempercayakan jabatan itu kepadanya. Dia juga meminta agar Tuhan membantunya dalam memimpin UEA.

“[MBZ] menyampaikan apresiasinya atas kepercayaan yang diberikan oleh saudara-saudaranya, Yang Mulia, anggota Dewan Tertinggi Federal, yang telah dipercayakan kepadanya,” tutur Dewan Tertinggi Federal yang mengutip Sheikh Mohamed, dikutip dari The National News, Sabtu (14/5/2022).

Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan membawa jenazah mendiang Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan saat pemakamannya, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Jumat (13/5/2022). Foto: Kementerian Kepresidenan/Handout via REUTERS

“[MBZ] berdoa agar Allah SWT membantunya berhasil, membantunya dalam mengambil tanggung jawab besar ini dan memenuhinya dalam melayani UEA dan orang-orang setianya,” sambungnya.

Selepas terpilih, MBZ menuai ucapan dari berbagai tokoh. Wakil Presiden dan Penguasa Dubai, Sheikh Mohamed bin Rashid, turut mengucapkan selamat. Para pejabat UEA mengungkap akan setia kepada MBZ.

“Hari ini, Dewan Tertinggi Federal memilih saudara saya, Yang Mulia Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, sebagai Presiden Negara,” cuitnya.

“Kami mengucapkan selamat kepadanya dan kami berjanji setia kepadanya, dan orang-orang kami berjanji setia kepadanya,” imbuh cuitan itu.

Mohamed bin Zayed Al Nahyan. Foto: Justin Tallis/AFP

Kementerian Urusan Kepresidenan mengatakan, MBZ terpilih dengan suara bulat oleh Dewan. Hal itu tertuang dalam Pasal 51 Konstitusi.

“Transisi kekuasaan yang mulus di UEA mencerminkan kekuatan kerja institusional dan standar pemerintahan dan stabilitas yang maju,” ujar penasihat diplomatik untuk Presiden UEA, Anwar Gargash.

“Kami berterima kasih kepada Tuhan atas berkah dari UEA dan berjanji setia kepada Sheikh Mohamed bin Zayed. Semoga Tuhan melindunginya sebagai Presiden dan pemimpin,” sambung Gargash.

Comments are closed.