Diajak Jeff Bezos, Nenek Ini Jadi Orang Tertua yang Terbang ke Luar Angkasa

Wally Funk, nenek 82 tahun yang bakal catat rekor orang tertua di luar angkasa. Foto: Jeff Bezos (@jeffbezos) via Instagram

Orang terkaya dunia, Jeff Bezos, akhirnya mengumumkan penumpang keempat sekaligus yang terakhir dalam program wisata luar angkasa New Shepard dari perusahaan antariksa miliknya, Blue Origin. Penumpang tersebut adalah Wally Funk, seorang nenek yang kini berusia 82 tahun.

Pengumuman ini disampaikan Bezos lewat posting di Instagram pribadinya, Kamis (1/7). Funk akan terbang di wahana luar angkasa New Shepard sebagai “tamu terhormat,” kata Bezos.

“Sudah waktunya. Selamat datang di kru, Wally. Kami senang Anda terbang bersama kami pada tanggal 20 Juli sebagai tamu terhormat kami,” tulis Bezos dalam posting video yang menampilkan betapa riangnya Funk usai mendengar kabar tersebut secara langsung.

Funk memang bukan nenek-nenek biasa. Ia adalah mantan calon astronaut di program NASA Mercury 13, atau dikenal sebagai “Program Wanita di Luar Angkasa,” pada bulan Februari 1961.

Meski demikian, Funk dan 12 calon astronaut perempuan lain di Mercury 13 batal ke luar angkasa karena program yang didanai secara swasta tersebut ditutup tiba-tiba. Setelah itu, ia tetap berusaha untuk menjadi astronaut, kendati tak pernah terwujud.

“Saya menghubungi NASA empat kali, dan berkata ‘Saya ingin menjadi astronaut’, tapi tidak ada yang mau menerima saya,” kata Funk.

“Saya tidak berpikir saya akan pernah bisa naik (ke luar angkasa). Tidak ada yang menghalangi saya. Mereka berkata, ‘Wally, kamu perempuan, kamu tidak bisa melakukan itu.’ Saya berkata, ‘Coba tebak, tidak peduli apa (kata) Anda, Anda masih bisa melakukannya jika Anda ingin melakukannya,’ dan saya suka melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan siapa pun sebelumnya.”

Funk, yang lahir di New Mexico, AS, pada 1939, memiliki pengalaman panjang dalam mengemudikan pesawat. Ia telah mencatat lebih dari 19.600 jam terbang dan mengajar cara menerbangkan pesawat pribadi dan komersial kepada lebih dari 3.000 orang.

“Semua yang dimiliki FAA (asosiasi aviasi federal AS), saya punya lisensinya. Dan saya bisa berlari lebih cepat dari Anda,” candanya.

Pada 2010, Funk menghabiskan 200.000 dolar AS agar bisa jadi penumpang di program penerbangan suborbital Virgin Galactic milik Richard Branson. Meski tidak jelas kapan Funk akan terbang dengan Virgin Galactic, yang jelas ia tampak bahagia ketika Bezos mengajaknya secara langsung untuk terbang bersama New Shepard.

“Itu adalah hal terbaik yang pernah aku alami!” teriak Funk sembari memeluk Bezos yang bertanya apa yang bakal ia katakan setelah keluar dari kapsul New Shepard.

Pendiri Amazon dan Blue Origin Jeff Bezos berbicara kepada media tentang pendorong roket New Shepard. Foto: REUTERS/Isaiah J

Funk bakal catat rekor dunia sebagai orang tertua yang terbang ke luar angkasa, mengalahkan rekor milik astronaut NASA John Glenn yang berumur 77 tahun saat bertugas pada 1998.

Peluncuran New Shepard sendiri bakal berlangsung pada 20 Juli 2021. Perjalanan wahana antariksa itu diproyeksikan hanya berlangsung selama 11 menit di ruang suborbital Bumi.

Selain Funk, penumpang di dalamnya termasuk Jeff Bezos dan saudaranya Mark, serta seseorang misterius yang rela bayar 28 juta dolar AS pada Juni lalu.

Comments are closed.