Detik-detik Unai Simon Buat Gol Bunuh Diri di Laga Kroasia vs Spanyol

Reaksi kiper Spanyol Unai Simon setelah mencetak gol bunuh diri saat melawan Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Hannah McKay/Reuters

Unai Simon menjadi pesakitan dalam laga Kroasia vs Spanyol pada fase 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Senin (28/6) malam WIB. Kiper 24 tahun itu menciptakan gol bunuh diri pada menit 20.

Situasinya, Spanyol sedang menjaga penguasaan bola dengan melakukan umpan ke satu sama lain. Mereka mencoba untuk melakukan inisiasi serangan, lantas Pedri melakukan backpass dari tengah lapangan.

Pedri melepas backpass dengan power yang cukup kuat. Alhasil, bola gagal diadang oleh Simon dan kemudian meluncur deras ke gawang Spanyol.

Simon dianggap sebagai pelaku gol bunuh diri Spanyol dalam laga Euro 2020 ini. Sebab, bola sempat mengenai kakinya sebelum meluncur deras ke gawang. Blunder fatal.

Reaksi kiper Spanyol Unai Simon setelah mencetak gol bunuh diri saat melawan Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark. Foto: Wolfgang Rattay/Reuters

Sepanjang Euro 2020, Luis Enrique memang lebih memercayakan gawang Spanyol dijaga oleh Unai Simon. Eks pelatih Barcelona itu lebih memilih si kiper Athletic Bilbao ketimbang dua kiper klub Liga Inggris, David De Gea dan Robert Sanchez.

Publik dibuat bertanya-tanya kenapa Enrique tak memprioritaskan De Gea yang lebih senior. Dari tiga laga di fase grup Euro 2020, Simon hanya kebobolan satu kali.

Namun memang, itu tak serta merta membuktikan kualitas Simon sebagai kiper tangguh. Sebab, kebobolan sekali di fase grup Euro 2020 itu tertolong oleh penguasaan bola Spanyol yang terlalu dominan, sehingga lawan sulit menyerang.

WhoScored bahkan mencatat bahwa Simon hanya melakukan satu penyelamatan di tiga laga fase grup Euro 2020. Dan kemudian, saat kontra Kroasia, terlihat bahwa antisipasi dari Simon mengecewakan dengan terciptanya gol bunuh diri tersebut.

Catatan: Pada awalnya, gol ini dianggap gol bunuh diri Unai Simon. Kemudian, UEFA meralatnya bahwa ini adalah gol bunuh diri Pedri.


***

Comments are closed.