Denmark Tuntut Eks Menhan yang Dituduh Bocorkan Rahasia Negara

Claus Hjort Frederiksen, Eks Menhan Denmark. Foto: Stefan Rousseau/POOL/AFP

Jaksa penuntut umum Denmark akan secara resmi mendakwa eks Menteri Pertahanan Claus Hjort Frederiksen atas tuduhan membocorkan rahasia negara. Informasi ini disampaikan pada Kamis (12/5/2022).

Frederiksen menjabat sebagai menteri pertahanan Denmark antara 2016 sampai 2019.

Januari lalu dia dijatuhi dakwaan awal atas pelanggaran hukum pidana yang meliputi pengkhianatan akibat membocorkan rahasia negara.

Frederiksen menyangkal tuduhan ini. Ia mengatakan dirinya bahkan tidak bisa membayangkan akan tega untuk melakukan hal semacam itu terhadap negaranya.

“Saya sangat berharap publik dan semua anggota parlemen sekarang dapat memperoleh wawasan tentang apa yang menurut pemerintah telah saya lakukan, yang dapat dianggap sebagai makar,” kata Frederiksen, dikutip dari Reuters.

Pemerintah telah membantah keterlibatan apapun dalam dakwaan yang dijatuhkan oleh jaksa terhadap Frederiksen.

Jaksa penuntut umum menyatakan berniat untuk mendakwa Frederiksen dengan pasal 109 undang-undang hukum pidana. Pasal ini mengatur perlindungan rahasia negara dan barang siapa yang melanggarnya dapat dijatuhi hukuman hingga 12 tahun penjara.

Hingga saat ini, rincian tuduhan yang diberikan kepada Frederiksen belum dipublikasikan. Namun, Frederiksen pernah mengatakan hal ini terkait dengan pernyataan publik yang ia buat mengenai perjanjian pengawasan rahasia antara Denmark dan Badan Keamanan Nasional AS (NSA).

Frederiksen hingga saat ini masih menempati posisi sebagai anggota parlemen Denmark.

Karenanya, dikabarkan parlemen akan segera membahas pencabutan kekebalan hukum Frederiksen. Kekebalan parlementer memberikan perlindungan terhadap tuntutan hukum yang diberikan kepada anggota parlemen Denmark.

Dalam kasus serupa, Kepala unit intelijen asing Denmark, Lars Findsen, juga masih ditahan sejak penangkapannya Desember lalu atas tuduhan membocorkan rahasia negara.

Kedua kasus tersebut mengungkap skandal intelijen yang sangat mengguncang Denmark. Skandal ini meliputi terungkapnya penggunaan data Denmark oleh NSA untuk memata-matai pejabat senior negara tetangga.

Penulis: Airin Sukono.

Comments are closed.