Curi 984 Ayam, 4 Pemuda di Kulon Progo Diringkus Polisi

Kondisi kandang ayam milik warga Kulon Progo yang dicuri. Foto: istimewa.

Polisi mengamankan 4 orang pemuda karena mencuri sebanyak 984 ayam dari salah satu kandang milik warga di Taruban Kulon, Tukson, Sentolo, Kulon Progo, Jogja. Pencurian tersebut terjadi pada Jumat (2/7/2021).

4 pelaku pencurian ayam tersebut masing-masing Dino Diantara (20), Yogik Adita (22), Wisnu Wibowo (24), dan Agus Setiawan (23) yang seluruhnya merupakan warga Sentolo.

Kejadian ini terungkap berdasarkan laporan Dicky Kurniawan, seorang warga Sentolo kepada Polsek Sentolo, Kulon Progo pada Jumat. Dirinya melaporkan adanya kehilangan ayam dalam jumlah banyak dari kandang.

Berdasarkan keterangan kronologi, seorang saksi yang hendak memberi makan datang ke kandang ayam pada Jumat pagi sekitar pukul 7.30 WIB. Di situ dirinya melihat kejanggalan banyak ayam yang hilang dan melaporkan kepada pemilik.

Warga Sentolo tersebut lantas mengecek ke kandang dan mendapati ratusan ayam hilang dari kandang dan lantas melaporkan ke Polsek Sentolo. Berdasarkan investigasi polisi, mereka menduga pencuri masuk dan keluar dari pintu kandang yang ditinggalkan tidak terkunci oleh penjaga kandang pada Kamis.

“Keterangan dari anak kandang (karyawan penjaga kandang). Bahwa pintu kandang pada saat ditinggalkan yaitu pada hari Kamis tanggal 1 Juli 2021 sekira pukul 16.30 WIB ditutup, tetapi tidak dikunci. Gembok hanya dicanthelkan di rantai, tetapi tidak dikunci,” ungkap Kasubbag humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry dalam laporannya pada Sabtu (3/7/2021).

“Diduga pelaku masuk dan keluar dari kandang melewati pintu tersebut. Mengingat tidak ada kerusakan dikandang tersebut. Sedangkan didalam kandang, pintu yang terbuat dari bambu hanya diikat dengan tali,” imbuhnya.

Berdasarkan analisa penyidik, pelaku masuk dan melakuian aksinya pada malam hari dan ayam diangkut menggunakan kendaraan mobil bak terbuka.

Dari tangan pelaku, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa Mitsubishi 110 PS nopol AB 8237 PV, uang tunai Rp 5.675.000, Mitsubishi L 300 AB 8391 KC yang digunakan untuk pencurian, kotak kramba, serta sebanyak 520 ayam petelur hasil curian.

Akibat aksi pencurian ayam sebanyak 984 ekor, pemilik mengalami kerugian hingga Rp 59 juta. Kini kasus tersebut tengah ditangani Polsek Sentolo.

“Para pelaku dan barang bukti selanjutnya diserahkan ke Polsek Sentolo untuk proses hukum lebih lanjut,” pungkas Jeffry.

Comments are closed.