Corona Dunia: Kematian di Thailand Pecah Rekor; Jepang Umumkan Keadaan Darurat

Ilustrasi COVID-19. Foto: Dado Ruvic/Reuters

Dunia masih berjuang melawan virus corona. Peningkatan kasus baru di sejumlah negara menandakan pandemi belum usai.

kumparan merangkum sejumlah kabar pandemi corona dari sejumlah negara. Berikut rangkumannya:

Kematian Corona di Thailand Pecah Rekor, Warga Bangkok Diminta Tak Keluar Rumah

Spanduk pemberitahuan agar penghuni tidak meninggalkan tempat tinggal saat pembatasan untuk mencegah penyebaran COVID-19. Foto: Lillian Suwanrumpha/AFP

Pada Kamis (8/7/2021), Pemerintah Thailand mengumumkan 75 kematian baru terkait COVID-19. Jumlah itu merupakan yang tertinggi sejak kasus COVID-19 muncul pertama kali di Negeri Gajah Putih pada awal 2020 lalu.

Merespons kondisi tersebut, PM Prayuth Chan-O-cha langsung menggelar pertemuan kabinet darurat. Langkah-langkah darurat akan diambil demi menahan laju penyebaran virus corona.

“Kementerian Kesehatan akan mengusulkan langkah pembatasan perjalanan, sehingga warga tak perlu keluar rumah jika tak penting,” kata Sekretaris Kabinet Kiatiphum Wongrajit seperti dikutip dari Reuters.

Singapura Imbau Tak Olahraga Berat Usai Vaksin

Ilustrasi olahraga sambil menggunakan masker. Foto: Shutterstock

Baru-baru ini, Singapura telah mengeluarkan anjuran kepada warganya untuk tidak melakukan kegiatan olahraga berat sesaat setelah vaksin dosis pertama maupun kedua. Kegiatan seperti berenang, bersepeda, dan juga lari sebisa mungkin untuk dihindari.

Anjuran dibuat karena ada risiko kecil miokarditis [peradangan pada otot jantung] dan perikarditis [iritasi dan peradangan pada lapisan yang melapisi jantung] yang mungkin muncul akibat pekerjaan dan olahraga berat usai vaksin COVID-19 mRNA.

Ledakan Varian Delta Sebabkan Kematian Akibat COVID-19 Bangladesh Pecah Rekor

Petugas polisi memeriksa pengendara di sebuah pos pemeriksaan selama lockdown di Dhaka, Bangladesh, Kamis (1/7). Foto: Mohammad Ponir Hossain/REUTERS

Bangladesh kembali mencetak rekor kasus kematian harian akibat COVID-19 pada Rabu (7/7). Tercatat sebanyak 201 pasien meninggal dunia dalam kurun waktu 24 jam. Angka tersebut merupakan penambahan tertinggi harian sejak awal pandemi Maret 2020 silam.

Kini, total korban meninggal mencapai angka 15.593 jiwa. Rekor sebelumnya terjadi pada Senin (5/7) lalu dengan jumlah 164 kematian dalam satu hari, seperti dikutip dari Aljazeera.

Dalam pekan pertama bulan Juli ini, Pemerintah Bangladesh telah mencatat sebanyak 1.090 kematian—peningkatan tertinggi dalam waktu sepekan sepanjang pandemi COVID-19 ini.

Penambahan kasus harian mencapai 11.162 infeksi, membawa angka total kasus di negara ini hingga 977.568 kasus.

Lonjakan kasus ini disebabkan oleh merebaknya virus corona varian Delta. Wilayah yang berbatasan langsung dengan India menjadi lokasi dengan kondisi terburuk.

Kasus Harian COVID-19 di Korsel Pecah Rekor, Semi-Lockdown Akan Berlaku di Seoul

Suasana saat umat Buddha berdoa untuk keberhasilan anak mereka yang akan melaksanakan ujian masuk perguruan tinggi negeri di kuil Buddha di Seoul, Korea Selatan. Foto: Kim Hong-Ji/Reuters

Pada Kamis (8/7/2021) Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korsel (KDCA) melaporkan penambahan 1275 kasus baru dalam 24 jam. Kini, total infeksi virus corona di Korsel mencapai 164,028 kasus.

Sebanyak 80 persen dari 1275 kasus baru yang muncul menular di wilayah Seoul dan sekitarnya termasuk Provinsi Gyeonggi dan kota Incheon.

Penelitian KDCA menunjukkan Seoul telah memenuhi kriteria untuk pemberlakuan semi-lockdown, termasuk aturan jaga jarak level empat. Sebab, kasus baru di Seoul selama tiga hari berturut-turut selalu di atas 389.

Infeksi Harian COVID-19 Pecah Rekor, Sydney Alami Hari Terburuk Sepanjang 2021

Pejalan kaki mengenakan masker saat berjalan melalui bagian Kings Cross di pusat kota selama lockdown di Sydney, Australia, 28 Juni 2021. REUTERS/Loren Elliott Foto: Loren Elliott/REUTERS

Hari terburuk sepanjang 2021 dialami kota terbesar di Australia, Sydney. Pada Kamis (8/7/2021), penambahan kasus harian COVID-19 di Negara Bagian New South Wales (NSW) pecah rekor dengan 38 kasus baru. Jumlah itu naik dari hari sebelumnya yaitu 27 kasus.

Sydney merupakan ibu kota NSW. Hampir seluruh kasus COVID-19 yang muncul di NSW pada Kamis ini terjadi di Sydney.

Kenaikan terbesar sejak pandemi COVID-19 di NSW, terjadi jelang pekan ketiga lockdown. Pengumuman lockdown disampaikan Menteri Utama NSW Gladys Berejiklian Rabu (7/7/2021) kemarin.

Dilanda Gelombang Baru COVID-19, Jepang Umumkan Keadaan Darurat untuk Tokyo

Sejumlah pekerja bekerja di pinggir kolam renang di Amusement Workation, di Yomiuriland di Tokyo, Jepang, Kamis (15/10). Foto: Kim Kyung-Hoon/REUTERS

Pemerintah Jepang akan mengumumkan state of emergency atau keadaan darurat untuk wilayah Tokyo mulai 12 Juli 2021. Langkah ini diumumkan akibat gelombang baru COVID-19 yang tengah melanda negara itu.

Mengutip Reuters, Menteri Ekonomi Jepang Yasutoshi Nishimura mengatakan pada Kamis (8/7) bahwa keadaan darurat akan berlangsung hingga 22 Agustus 2021. Nishimura dikenal sebagai sosok yang memimpin tanggapan pemerintah tekait penanganan COVID-19.

PM India Angkat Menteri Kesehatan Baru untuk Tangani Pandemi Corona

Seorang petugas kesehatan memberikan dosis COVISHIELD, vaksin corona yang diproduksi oleh Serum Institute of India kepada seorang warga di Lidderwat, distrik Anantnag, Kashmir selatan, India. Foto: Sanna Irshad Mattoo/REUTERS

Perdana Menteri India Narendra Modi telah menunjuk Menteri federal baru untuk kesehatan, TI, dan minyak pada Rabu (7/7). Perombakan ini dilakukan sebagai upaya menghidupkan kembali pemerintahan India yang kerap dikritik terkait penanganan pandemi corona.

Mengutip Reuters, Modi menunjuk Mansukh Laxman Mandaviya sebagai Menteri Kesehatan baru negara itu. Pengangkatan ini terjadi hanya beberapa jam setelah eks Menteri Kesehatan Harsh Vardhan diminta mundur bersama wakilnya.

Menteri Kesehatan baru, Mandaviya, berasal dari negara bagian asal Modi yakni Gujarat. Ia sebelumnya adalah menteri junior yang memegang portofolio untuk pelabuhan dan bahan kimia serta pupuk.

Comments are closed.