Contoh Surat Dinas Sekolah untuk Berbagai Kegiatan

Ilustrasi surat dinas sekolah, sumber foto: https://unsplash.com/

Surat menjadi salah satu sarana penting untuk berkomunikasi terutama untuk institusi formal seperti sekolah. Sebagai salah satu institusi pendidikan, sekolah sering menggunakan surat sebagai media untuk berkomunikasi dan juga menyampaikan informasi kepada pihak yang terkait, yang berupa surat dinas. Apa yang dimaksud dengan surat dinas dan seperti apa contoh surat dinas sekolah untuk berbagai kegiatan? Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Surat Dinas

Surat dinas adalah sebuah surat yang dibuat dengan bahasa formal dari suatu instansi atau perusahaan, yang memiliki tujuan kedinasan. Dikutip dari buku Penuntun Praktis Menulis Surat Dinas. Muhammad Hamzah dan Andi Neneng Nur Fauziahv(2017: 5), surat dinas juga merupakan duta suatu organisasi dalam menyampaikan maksud yang ingin disampaikan dan di sisi lainnya adalah merupakan akta autentik.

Untuk surat dinas sekolah, biasanya dibuat oleh guru atau karywan yang selanjutnya akan di tandatangani oleh kepala sekolah sebagai bentuk persetujuan atas terbitnya informasi melalui surat dinas tersebut.

Contoh Surat Dinas Sekolah untuk Berbagai Kegiatan

Ilustrasi surat dinas sekolah, sumber foto: https://unsplash.com/

Berikut ini adalah contoh surat dinas sekolah yang bisa dijadikan sebagai referensi dalam membuat surat dinas untuk berbagai kegiatan di sekolah misalnya kegiatan rapat guru.

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
MAN KEMBANGSAWIT
Jl. Ir. H. Juanda No. 93 Bandung, Jawa Barat
Telp. (022) 2503948 – Fax. (022) 2503948

Bandung, 16 April 2018

Nomor : 005/PK/60/X/2018
Perihal : Rapat

Kepada Yth,
Seluruh Guru Kelas XII
Man Kembangsawit

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan hormat,
Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Sekolah mengenai adanya sistem baru untuk ujian semester sekolah untuk kelas XII demi tercapainya pembelajaran yang efektif, maka bersama dengan surat ini, kami bermaksud mengundang Bapak/ Ibu Guru untuk menghadiri rapat membahas sistem tersebut, yang akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Senin/23 April 2018
Waktu : 15.30 – Selesai
Tempat : Aula MAN Kembangsawit
Untuk demikian, mengingat pentingnya agenda kegiatan ini, kami mohon kepada seluruh undangan rapat, agar dapat hadir mengikuti acara tersebut di atas tepat waktu.
Demikian surat undangan ini kami buat dan sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu kami ucapkan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Mengetahui,
Kepala Sekolah MAN Kembangsawit

Anton Sanjaya, M. Pd

Demikian pembahasan mengenai contoh surat dinas sekolah yang bisa dijadikan referensi untuk membuat surat dinas lainnya.(WWN)

Comments are closed.