Ceko vs Denmark: Gol Cepat Warnai Kemenangan Tim Dinamit

Pemain Ceko Patrik Schick duel dengan pemain Denmark Thomas Delaney saat pertandingan perempat final Euro 2020 di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan. Foto: Valentyn Ogirenko/Reuters

Denmark mengamankan tiket ke semifinal Euro 2020 usai mengalahkan Ceko di babak 8 besar, Sabtu (3/7) malam WIB. ‘Tim Dinamit’ menang dengan skor 2-1.

Keunggulan Denmark hadir melalui gol cepat yang diciptakan Thomas Delaney di menit ke-5. Kasper Dolberg menggandakan angka di menit 42′. Sementara satu gol Ceko dicatat oleh Patrik Schick di menit 49′.

Starting Line Up Ceko vs Denmark

Ceko (4-2-3-1): Tomas Vaclik; Vladimir Coufal, Ondrej Celustka, Tomas Kalas, Jan Boril; Tomas Holes, Tomas Soucek; Lukas Masopust, Antonin Barak, Petr Sevcik; Patrik Schick.

Denmark (3-4-3): Kasper Schmeichel; Andreas Christensen, Simon Kjaer, Jannik Vestergaard; Jens Stryger Larsen, Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney, Joakim Maehle; Martin Braithwaite, Kasper Dolberg, Mikkel Damsgaard.

Jalannya Pertandingan Ceko vs Denmark

Denmark berhasil membuka keunggulan lebih dulu. Pada menit ke-5, Delaney berhasil menyambar umpan Larsen dari sepak pojok. Bola sundulannya merobek gawang Vaclik.

Pemain Denmark Thomas Delaney saat mencetak gol ke gawang Ceko pada pertandingan perempat final Euro 2020 di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan. Foto: Valentyn Ogirenko/ReutersPemain Denmark Thomas Delaney melakukan selebrasi usai membobol gawang Ceko pada pertandingan perempat final Euro 2020 di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan. Foto: Tolga Bozoglu/Reuters

Ceko coba membangun serangan untuk menyamakan kedudukan. Namun, Denmark memegang jalannya permainan di 10 menit pertama. Usaha Schick cs selalu terbentur kokohnya barisan pertahanan ‘Tim Dinamit’.

Menit ke-16, Delaney lagi-lagi mengancam gawang Ceko. Ia menerima umpan tarik yang dikirim Larsen dari sayap kanan, namun tendangannya masih melebar dari gawang.

Lima menit kemudian, Ceko balik mengancam. Umpan terobosan Masopust berhasil diterima oleh Holes. Sayang, sepakannya kemudian masih berhasil diselamatkan Schmeichel.

Ceko dan Denmark saling jual beli serangan. Pada menit 36, Damsgaard melakukan solo run dan melepaskan sepakan keras. Vaclik yang menjaga gawang Ceko sigap menyelamatkan bola.

Denmark berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-42. Maehle menyisir sisi kanan pertahanan Ceko dan melepaskan crossing apik. Umpannya itu berhasil dikonversi oleh Dolberg menjadi gol.

Pemain Denmark merayakan gol yang dicetak Thomas Delaney saat melawan Ceko pada pertandingan perempat final Euro 2020 di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan. Foto: Dan Mullan/Reuters

Ceko sejatinya lebih mendominasi sisa pertandingan di babak pertama dengan keunggulan 52% penguasaan bola. Kendati demikian, mereka tetap tak mampu mencetak gol.

Keunggulan Denmark bertahan hingga turun minum.

Ceko langsung tancap gas di babak kedua. Sesaat setelah kick off, Michael Krmencik dan Barak melakukan percobaan. Kendati demikian, Schmeichel masih kokoh di bawah mistar.

Kebuntuan Ceko akhirnya pecah. Schick mencatatkan namanya di papan skor di menit 49′. Tendangan kerasnya usai menyambar umpan Coufal berhasil merobek gawang Denmark.

Denmark balik menyerang untuk melebarkan jarak dengan Ceko. Kendati demikian, mereka memiliki kesulitan untuk menembus pertahanan lawan.

Christian Norgaard dan Yussuf Poulsen kemudian dimasukkan untuk mempertajam lini depan. Keduanya masing-masing menggantikan Damsgaard dan Dolberg.

Masuknya Poulsen jelas menambah ketajaman Denmark. Namun, barisan pertahanan Ceko juga rapat. Pergerakan pemain RB Leipzig itu beberapa kali berhasil dipatahkan.

Pada menit 77, Poulsen kembali membuat ancaman ke gawang Ceko. Akan tetapi, Tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih berhasil ditepis oleh Vaclik.

Beberapa menit berselang, giliran Maehle yang menebar ancaman. Ia berhasil menusuk pertahanan Ceko, namun Vaclik lagi-lagi menjadi tembok yang kokoh.

Kedua tim terus menampilkan pertarungan sengit dengan jual beli serangan tersaji sepanjang sepuluh menit terakhir. Kendati demikian, tak ada gol lagi tercipta hingga laga berakhir.

****

Comments are closed.