Cek Ping di CMD: Mengetahui Masalah pada Jaringan Internet

Ilustrasi cek Ping. Foto: Unsplash

Cara cek Ping bertujuan untuk mengetahui konektivitas komputer dan memeriksa kualitas jaringan internet yang kamu gunakan. Saat melakukan cek Ping pada komputer, maka komputer akan mengirimkan paket data kecil ke host, domain web, atau perangkat lainnya di jaringan.

Selanjutnya, cek Ping PC akan menunjukkan seberapa cepat komputer dapat merespons kembali dalam hitungan detik. Semakin rendah waktu respons Ping, maka semakin cepat pula jaringan internet yang kamu gunakan.

Jika ingin mengecek Ping, kamu perlu mengetahui alamat IP pada jaringan yang digunakan. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti tutorial cek Ping CMD di bawah ini:

Cara Cek Ping Internet

Berikut ini adalah cara cek Ping yang dikutip dari laman Hello Tech:

Cara untuk cek Ping internet yang pertama adalah mengetahui IP address terlebih dahulu. Caranya, buka Command Prompt dengan mengetik CMD di pencarian.

Kamu bisa mengetik perintah prompt ‘ipconfig’ di CMD, kemudian tekan ‘Enter’ untuk mengetahui IP address. Namun, pastikan perangkat yang kamu gunakan sudah tersambung dengan internet yang akan dicek Ping-nya.

Cara mengetahui IP address. Foto: Nada Shofura/kumparan

IP address akan muncul di sebelah tulisan ‘Default Gateway’. Seperti pada gambar di atas, IP address-nya adalah 192.168.0.1.

Setelah mengetahui IP address, kini kamu bisa cek Ping jaringan menggunakan CMD. Selanjutnya, ketik ‘ping (alamat IP)’ pada prompt. Contohnya adalah ‘ping 192.168.0.1’.

Cara cek Ping. Foto: Nada Shofura/kumparan

Setelah itu, kamu akan melihat hasil empat tes Ping yang berbeda seperti gambar di atas. Setiap tes akan menunjukkan waktu Ping dalam milidetik (ms). Selain itu, kamu juga akan melihat Ping minimum, maksimum, dan rata-rata.

Saat salah satu Ping yang muncul bermasalah, maka akan ditampilkan dengan salah satu Ping hilang atau memakan waktu yang lebih lama untuk merespons. Kamu bisa cek ping ke server Google DNS untuk mengetahui masalahnya.

Buka CMD dan ketik ‘ping 8.8.8.8 -t’. Prompt akan terus berjalan hingga kamu berhentikan dengan klik ‘CTRL+C’. Jika terjadi masalah pada Ping, maka kamu akan menemukan beberapa istilah, seperti ‘Request timed out’.

Cara cek Ping. Foto: Nada Shofura/kumparan

Ada beberapa arti istilah mengenai masalah Ping yang harus kamu ketahui. Berikut ini adalah penjelasannya:

Request timed out: Ping membutuhkan waktu lebih dari empat detik atau 4.000 milidetik. Penyebabnya bisa dikarenakan kemacetan jaringan, firewall yang disetel untuk menghentikan lalu lintas tertentu, kabel atau port yang rusak, dan lainnya.

Unknown host: Host yang diperiksa tidak dikenali. Kamu bisa mengecek ulang alamat IP atau sambungan router, apakah sudah baik atau belum.

TTL expired in transit: Ping sudah melebihi batas maksimal yang diizinkan.

General failure: masalah Ping ini disebabkan karena komputer tidak memiliki pengaturan TCP/IP yang tepat. Mungkin saja ada masalah dengan router.

Cara untuk cek Ping di atas bisa membantu kamu untuk mengetahui kecepatan internet yang sedang digunakan. Kamu juga bisa mengetahui masalah yang terjadi pada koneksi internet.

(NSF)

Comments are closed.