Carys Cares, Organisasi Indonesia yang Raih Penghargaan Diana Awards 2021

Carys Cares, Organisasi Indonesia yang Raih Penghargaan Diana Awards 2021. Foto: Dok. Carys Cares

Sebuah organisasi asal Indonesia, Carys Cares, baru saja mendapatkan meraih Diana Awards 2021 pada Senin (28/6). Penghargaan ini bertujuan meneruskan keyakinan Putri Diana bahwa para generasi muda memiliki kekuatan untuk mengubah dunia menjadi lebih baik.

Sesuai dengan kepedulian Putri Diana pada kemanusiaan, penghargaan yang sudah ada sejak 1999 ini diberikan pada para generasi muda yang aktif melakukan kegiatan sosial demi membantu sesama. Diana Awards juga punya misi untuk mendorong, mengembangkan dan menginspirasi perubahan positif dalam kehidupan generasi muda. Ini juga merupakan badan amal satu-satunya yang didirikan untuk mengenang Putri Diana. Dan tahun ini, Carys Cares menjadi satu dari ratusan organisasi yang dipimpin anak muda yang mendapat penghargaan ini.

Carys Mihardja, pendiri Carys Cares. Foto: Dok. Carys Cares

Carys Cares sendiri merupakan sebuah organisasi yang fokus membantu orang dengan down syndrome. Menurut Carys Mihardja, pendiri Carys Cares, organisasinya ini juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak memandang sebelah mata dan selalu mendukung anak-anak dan remaja dengan down syndrome melalui pemberdayaan kreativitas.

“Saya sangat bersyukur bisa meraih Diana Awards 2021. Karena negara Asia jarang mendapat kesempatan ini. Penghargaan dan pencapaian ini bukan hanya untuk saya dan organisasi, tapi juga teman-teman down syndrome. Lewat penghargaan internasional seperti Diana Awards ini kami jadi bisa menunjukkan kreasi teman-teman down syndrome. Sebab selama ini seperti yang kita tahu teman-teman dengan down syndrome dikelilingi oleh banyak stigma negatif yang membuat mereka dianggap sebelah mata,” ungkap Carys Mihardja saat melakukan wawancara online bersama kumparanWOMAN.

Memberdayakan teman down syndrome lewat karya

Carys sendiri merupakan perempuan muda berusia 17 tahun yang meyakini bahwa anak-anak dan remaja dengan down syndrome juga manusia. Mereka tak perlu dianggap berbeda sebab mereka juga mempunyai bakat dan minat masing-masing. Untuk menunjukkan hal tersebut, salah satu kegiatan Carys Cares adalah memproduksi barang-barang seperti tas, sarung bantal, tumbler, hingga scarf yang dibuat dengan desain hasil karya penyandang down syndrome.

Carys Cares raih penghargaan Diana Awards 2021. Foto: Dok. Carys Cares

“Kami saat ini fokus pada bakat melukis dan menggambar dari teman-teman down syndrome. Kami rutin mengadakan program online melukis bersama. Nanti hasil lukisan itu, kami buat menjadi desain tas, buku tulis, gelas, tumbler dan berbagai produk lainnya yang menunjang gaya hidup,” pungkas Carys.

Produk hasil karya teman-teman Carys Cares ini kemudian dijual secara online dan di gerai offline yang terdapat di SOGO Plaza Senayan dan Galeri Lafayette di Pacific Place. Seluruh keuntungan dari hasil penjualan yang dilakukan Carys Cares diberikan pada POTADS, wadah bagi para orang tua yang memiliki anak penyandang down syndrome.

Setelah dinominasikan pada Mei 2021, para nominator diminta pihak Diana Awards untuk menyerahkan proyek sosial dengan lima kriteria yang harus dipenuhi. Ini bertujuan agar pihak Diana Awards bisa melihat dampak proyek sosial dari para nominator terhadap masyarakat luas.

Carys Cares raih penghargaan Diana Awards 2021. Foto: Dok. Carys Cares

Kriteria tersebut mencakup visi, dampak sosial, kepemimpinan, pelayanan, dan inspirasi. Dengan menerima penghargaan ini, para anak muda akan mendapatkan akses ke sebuah program pengembangan unik yang bertujuan meningkatkan kapasitas mereka dalam melakukan inovasi, kepemimpinan, dan perubahan sosial dengan disediakannya akses ke sumber daya, kesempatan dan pembelajaran baik tatap muka maupun daring.

Layaknya Putri Diana, Carys sejak kecil ingin mendedikasikan hidupnya untuk membantu orang lain. Meski ia lahir jauh setelah Putri Diana tiada, namun Carys merasa ibu Pangeran William ini menjadi panutan yang masih relevan untuk perempuan modern saat ini, termasuk dirinya.

“Putri Diana adalah gambaran bagaimana perempuan seharusnya. Dia menggunakan platform-nya untuk membantu mereka yang tidak mampu makanya dia dipanggil Princess of the People. Saya lahir jauh setelah dia meninggal tapi saya masih bisa merasakan semangatnya karena Putri Diana benar-benar tulus saat membantu orang lain. Dia benar-benar menginspirasi saya because she could used her voice to help the voiceless,” tuturnya.

Comments are closed.