Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju, Intip Caranya di Sini!

Ilustrasi noda oli di baju. Sumber: pixabay

Terkadang saat sedang membuka botol oli atau sedang memeriksa kendaran, kamu tidak sengaja menyentuh baju dengan tangan yang ternyata kotor terkena oli. Jangan panik dulu, ada kok cara menghilangkan noda oli di baju yang bisa kamu lakukan.

Oli menjadi bagian penting yang harus kamu cek secara berkala dalam kendaraan bermotor yang kamu miliki. Kamu harus melakukannya dengan hati-hati karena tidak jarang noda oli justru mengenai baju.

Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan noda oli di baju dan membuat baju menjadi terlihat seperti baru lagi? Simak cara-caranya di bawah ini ya!

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju yang Ampuh

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju
Melansir dari beberapa sumber, terdapat beberapa langkah cara untuk menghilangkan noda oli di baju:
Bersihkan noda oli saat kain masih kering
Jika kamu berpikir kalau noda itu akan hilang ketika kamu membersihkannya dengan air dan sabun, itu bukan ide yang baik. Seperti yang kamu ketahui kalau air dan minyak tidak bercampur, maka dari itu biarkan saja bajumu kering saat sedang membersihkan noda oli.
Letakkan selembar karton atau bahan yang keras di belakang kain yang ada noda
Letakkan selembar karton atau bahan yang keras dan tidak terlalu menyerap noda di antara lapisan baju. Hal ini berguna agar menghindari noda oli berpindah dari bagian satu ke bagian lain baju. Kamu bisa menggunakan karton, kotak sereal, kotak air mineral gelas, ataupun yang sejenisnya.
Coba serap noda oli yang ada di baju
Kamu bisa coba menggunakan handuk kertas atau serbet untuk menghilangkan oli sebanyak mungkin ketika kamu melihat noda tersebut. Dengan menyerap noda yang ada, ini akan memudahkanmu untuk membersihkan noda dengan bersih ketika kamu mulai mencucinya.

Coba untuk tidak menggosoknya, melainkan hanya perlu dioles atau ditepuk-tepuk secara perlahan agar tidak mendorong oli yang nantinya akan diserap masuk lebih dalam lagi ke serat kain dan membuatmu lebih sulit untuk menghapus noda itu secara penuh.

Oleskan sabun cuci piring
Setelah noda oli diserap semaksimal mungkin, berikan beberapa tetes sabun cuci piring dan biarkan meresap pada noda tersebut. Kamu bisa gosok bagian noda itu dengan tangan atau sikat gigi secara lembut untuk mulai menghilangkan noda oli tersebut.

Sabun cuci piring cair dipercaya efektif untuk menghilangkan lemak pada pakaian, seperti halnya pada piring. Setelah kamu merasa sudah bersih dan hilang, biarkan sabun cuci piring itu meresap lagi selama sekitar lima menit.

Gosokkan baking soda
Jika noda oli tersebut masih tidak hilang juga menggunakan sabun cuci piring, bisa coba menambahkan cara ini dalam menghilangkan noda oli.

Taburkan sedikit baking soda di titik noda bersama dengan sabun cuci piring, lalu gosok secara lembut menggunakan sikat gigi. Diamkan beberapa saat hingga baking soda sedikit mengering dan menutupi noda menjadi pasta yang keras.

Bilas dengan air hangat dan cuci baju seperti biasa
Tunggu beberapa menit dan biarkan sabun cuci piring serta baking soda itu bekerja dengan baik. Setelah itu kamu bisa membilas baju dengan menggunakan air hangat serta deterjen untuk membersihkan sisanya.

Jika menginginkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa rendam pakaian dengan air panas dan biarkan selama satu jam. Setelah itu cuci baju seperti biasa.

Keringkan baju
Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, keringkan pakaian dengan dijemur dan menggunakan udara seperti biasa atau jika kamu memiliki dryer dengan suhu yang tidak terlalu tinggi, bisa langsung kamu gunakan alat tersebut.

Jika saat kering masih terlihat noda-noda tersisa, kamu bisa terus mengulangi langkah-langkah di atas untuk memastikan bahwa noda oli pada baju telah hilang. Pastikan juga kamu menggunakan air panas jika sudah kedua kalinya kamu mencoba membersihkan noda yang membandel.

Selamat mencoba!

(MA)

Comments are closed.