Cara Mengasuh Anak dengan Pendekatan Responsive Parenting, Apa Maksudnya?

Cara Mengasuh Anak dengan pendekatan Responsive Parenting, Apa Maksudnya? Foto: Shutter Stock

Sebagian besar orang tua ingin anak tumbuh dengan sehat, bahagia, dan tentunya cerdas. Tapi, apakah Anda sudah melihat tentang bagaimana cara Anda dalam mengasuh anak selama ini?

Pasalnya, cara orang tua dalam mendidik atau mengasuh si kecil akan mencerminkan kepribadiannya di kemudian hari. Ya Moms, segala interaksi yang tercipta antara Anda, suami sebagai sang ayah dengan anak nantinya dapat mempengaruhi perkembangan psikologisnya.

Dalam dunia psikologi sendiri ada beberapa pendekatan yang dapat dilakukan orang tua terkait cara mengasuh anak. Salah satunya adalah pendekatan responsive parenting. Pernah mendengar sebelumnya, Moms?

Penjelasan soal Cara Mengasuh Anak dengan Pendekatan Responsive Parenting

Cara Mengasuh Anak dengan pendekatan Responsive Parenting, Apa Maksudnya? Foto: Shutter Stock

Mengutip laman resmi Physicians Center, responsive parenting merupakan salah satu pendekatan yang mengacu pada interaksi keluarga di mana orang tua menyadari kebutuhan emosional dan fisik anak-anak mereka, serta orang tua dapat merespons dengan tepat dan konsisten. Lewat responsive parenting, orang tua dapat memahami perbedaan perkembangan dan sifat masing-masing anak.

Tak hanya itu, orang tua yang menerapkan gaya pengasuhan ini juga selalu berusaha untuk memberikan dorongan atau dukungan kepada anak saat menghadapi masa sulit. Ya, sebuah fakta menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat mengurangi efek dari kejadian buruk dan stres dalam kehidupan anak.

Cara Mengasuh Anak dengan pendekatan Responsive Parenting, Apa Maksudnya? Foto: Shutterstock

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pendekatan responsive parenting ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk anak-anak. Beberapa diantaranya bisa membuat anak jadi lebih percaya diri, mudah bergaul dengan teman sebayanya, mandiri, dan bertanggung jawab.

Pendekatan responsive parenting ini juga biasa disebut sebagai pengasuhan otoritatif, yaitu cara pengasuhan yang membuat orang tua melakukan pengawasan ekstra terhadap tingkah laku anak-anaknya. Meski begitu, orang tua juga bersikap responsive alias menghargai dan menghormati perasaan anak, serta mengikutsertakannya dalam mengambil keputusan.

Jadi, sudahkah Anda menerapkan pendekatan responsive parenting pada anak, Moms?

Comments are closed.