Cara Mencari Median lengkap dengan Contoh Soal

Ilustrasi cara mencari median dan contoh soalnya, sumber foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels

Dalam pelajaran matematika kita mengenal yang namanya median, selain dalam matematika median biasanya juga digunakan dalam pelajaran statistika. Selain median ada juga mean dan modus. Lalu apa sebenarnya yang di maksud dengan median dan bagaimana cara mencari median? Berikut adalah pembahasan lengkap beserta dengan contoh soalnya.

Pengertian Median, Mean, dan Modus

Ilustrasi cara mencari media dan contoh soalnya, sumber foto oleh Nothing Ahead dari Pexels

Berikut adalah pengertian median, mean, dan modus yang biasa digunakan di dalam pelajaran matematika ataupun statistika.

Dikutip dari buku Bongkar Pola Soal USBN SD/MI karya Subaiah dan tim Smart Teachers, (2019: 265) pengertian median adalah nilai tengah. Cara menghitung median mudah untuk data yang jumlahnya ganjil. Namun jika datanya jumlah genap maka kita harus menggunakan rumus. Berikut adalah cara menentukan median.

Jika data ganjil setelah diurutkan mediannya adalah nilai tengahnya itu (ada 1 posisi di tengah).

Jika datanya genap, setelah diurutkan mediannya ada dua nilai tengah dijumlahkan kemudian dibagi dua.

Mean dalam pelajaran matematika dan statistika dapat diartikan dengan nilai rata-rata. Ini artinya kita harus menghitung jumlah total data dibagi dengan banyaknya data yang ada.

Modus dalam pelajaran matematika dan statistika diartikan sebagai nilai yang paling sering muncul.

Contoh Soal

Agar lebih mudah untuk memahami cara mencari median berikut ada contoh soal yang bisa disimak.

Diketahui sebuah data adalah sebagai berikut:

3, 5, 2, 7, 9, 1, 7, 5, 3, 8, 10, 12, 5

Berapa nilai median dari data di atas?

Jawab: Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengurutkannya dari terkecil hingga terbesar, hasilnya adalah 1, 2, 3, 3, 5, 5, 5, 7, 7, 8, 9, 10, 12. Setelah itu kita harus mengetahui jumlah data, yaitu ada sebanyak 13 data. Karena jumlah data ganjil maka kita bisa langsung menentukan median. Caranya adalah dengan melihat nilai yang berada di tengah, yaitu nilai di urutan ketujuh. Jadi, median dari data tersebut adalah 5. Jika ingin mengetahui cara menghitung cepat, kita tinggal menghitung dengan rumus berikut:

Median (Me) = (jumlah data + 1) : 2

Me = (13 +1) : 2

Me = 14 : 2 = 7

Nilai ke-7 dari data di atas adalah 5.

Demikian adalah pembahasan terkait dengan cara mencari median dan contoh soalnya lengkap untuk tambahan pembelajaran di rumah. Semoga bermanfaat.(WWN)

Comments are closed.