Cara Mencari KPK dari Deret Bilangan dalam Matematika

Ilustrasi cara mencari KPK, sumber foto oleh Black ice dari Pexels

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak digemari oleh siswa. Namun ada banyak siswa juga yang mengatakan bahwa matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit karena banyak rumus yang harus di hafalkan. Selain itu matematika juga selalu berhubungan dengan angka-angka yang kadang bisa membuat kita menjadi pusing. Namun sebenarnya jika kita mau mencoba memahami dengan seksama, pelajaran matematika tidaklah terlalu sulit. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai cara mencari KPK dari deret bilangan dalam matematika.

Cara Mencari KPK

Ilustrasi cara mencari KPK dari deret bilangan, sumber foto oleh Magda Ehlers dari Pexels

Dikutip dari buku Jurus Rahasia Mendapatkan Nilai 100 karya Fera Paujiyanti, (2014: 50) Kepanjangan KPK adalah kelipatan persekutuan terkecil. KPK adalah dua bilangan yang merupakan bilangan bulat positif terkecil yang dapat dibagi oleh kedua bilangan tersebut. Untuk mencari KPK, ada beberapa langkah yang harus dilakukan yaitu:

Tentukan Faktorisasi prima dari bilangan-bilangan tersebut

Ambil semua faktor baik yang sama maupun yang tidak sama dari bilangan tersebut

Jika terdapat faktor yang sama, namun memiliki pangkat berbeda, maka ambillah faktor yang pangkatnya terbesar.

Atau secara ringkas, cara mencari KPK yaitu dengan cara mengalikan faktor-faktor yang berbeda. Jika ada faktor yang sama, diambil yang berpangkat terbesar.

Contoh Soal

Untuk lebih memahami mengenai materi KPK dan cara mencari KPK dari sebuah bilangan berikut ada contoh soal yang bisa dijadikan referensi.

Carilah KPK dari 4 dan 8

Pembahasan:

Kelipatan 4 adalah = { 4, 8, 12, 16, 20, 24, 28, 32, 36, 40, 44, …}

Kelipatan 8 adalah = {8, 16, 24, 32, 40, 48, 56, …}

Kelipatan persekutuannya adalah 8, 26, 24, 32, … (Kelipatan yang sama dari 4 dan 8)

Nilai yang terkecil adalah 8, sehingga KPK dari 4 dan 8 adalah = 8

Demikian adalah pembahasan terkait dengan cara mencari KPK dari deret bilangan dalam pelajaran matematika yang bisa digunakan sebagai referensi untuk belajar di rumah dan persiapan ujian. Semoga membantu. (WWN)

Comments are closed.