Cara Cek Spek Laptop untuk Windows, Mudah Banget!

Ilustrasi cara cek spek laptop (Foto: Anthony Shkraba via Pexels)

Cara cek spek laptop dilakukan untuk mengetahui jenis perangkat keras yang digunakan secara lengkap dan detail. Sebab, spek laptop seringkali dibutuhkan untuk keperluan penting.

Misalnya, pemasangan aplikasi terutama gim yang berukuran besar. Setiap aplikasi dan gim memang memiliki permintaan spek tertentu, seperti RAM, jenis prosesor, versi sistem operasi, dan lainnya.

Hal tersebut perlu dilakukan agar aplikasi atau gim dapat berjalan dengan lancar di laptop gaming.

Ilustrasi cara cek spek laptop di kemasan kardus (Foto: Claudio Schwarz via Unsplash)

Cara Cepat Cek Spek Laptop dengan Mudah

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecek spek laptop dengan mudah. Untuk laptop baru, cara pertama adalah melihat kemasan kardus atau kotak laptop.

Produsen laptop biasanya menyertakan informasi mengenai perangkat keras dan produksi pada label di kemasan laptop. Sehingga, kamu dapat melihat spek laptop di label kemasan atau dus.

Nantinya, kamu akan melihat merek prosesor. Namun, tidak ada informasi spesifik mengenai kekuatan dapur pacunya. Jika laptop yang digunakan bukanlah barang baru dan kardus laptop hilang, maka bisa mencoba cara lain.

Kamu bisa melakukan cara cek spek laptop Windows melalui internet. Caranya, ketik merek dan seri laptop di mesin pencarian Google. Informasi merek dan seri laptop bisa kamu dapatkan di bagian bawah laptop.

Situs resmi produsen laptop juga menyediakan informasi perangkatnya, baik yang masih beredar di pasaran maupun tidak. Contohnya, situs resmi Acer yang masih menampilkan informasi laptop yang sudah habis terjual.

Tampilan cara cek spek laptop melalui situs resmi (Foto: Robertus Krisnanda)

Cara Cek Spek Laptop Lengkap Melalui Informasi Sistem

Jika kedua cara di atas masih tidak bisa dilakukan karena kamu lupa dan tidak ingat tipe laptop yang digunakan, maka masih bisa melakukan langkah lainnya.

Sistem operasi Windows 10 memberikan cara cek spek laptop yang bisa kamu pilih sebagai alternatif terakhir. Cara ini dilakukan dengan membuka informasi sistem pada laptop.

Dikutip dari halaman bantuan Microsoft, berikut ini adalah cara cek spek laptop Windows 10 melalui informasi sistem.

Klik ‘Start’ atau logo Windows di pojok kiri bawah layar.

Kemudian, ketik ‘System Information’ pada kotak pencarian yang muncul.

Jika hasil pencarian sudah tersedia, maka kamu bisa langsung klik ‘System Information’.

Setelah itu, kamu bisa membaca informasi mengenai spek laptop pada halaman ‘System Information’.

Kemudian, kamu juga bisa mencari informasi spesifik lainnya, seperti komponen multimedia dan jaringan, serta lainnya dengan mengklik pilihan di panel sebelah kiri.

Tampilan cara cek spek laptop melalui Informasi Sistem (Foto: Robertus Krisnanda)

Itulah tutorial cara cek spek laptop yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan praktis. Kamu bisa melakukan cara tersebut untuk mengetahui spek laptop secara mendetail.

(RKW)

Comments are closed.