Cara Bijak Melakukan Self Reward Tanpa Bikin Keuangan Jebol

Cara Bijak Melakukan Self Reward Tanpa Bikin Keuangan Jebol. Foto: Freepik

Setelah melakukan sesuatu yang berat dan berhasil melaluinya dengan baik, tentu self reward akan sangat diperlukan. Selain bisa memotivasi kita untuk terus melakukan yang terbaik, self reward juga bisa mengatasi stres. Meski begitu, bukan berarti kita dapat melakukannya dengan sembarangan ya Ladies.

Kalau dilakukan secara berlebihan, self reward bisa membahayakan keuangan. Tak hanya kantong jebol, perencanaan keuangan dalam jangka panjang juga bisa berantakan.

“Kita tetap butuh reward agar makin semangat dan tidak stres. Hal yang tak boleh dilakukan adalah terlalu berlebihan membeli barang yang sebenarnya tak diperlukan. Self reward tidak boleh dijadikan sebagai cara untuk merasionalkan hedon kita,” ungkap Amir Widjaja, Marketing Communication Division Head Bank OCBC NISP dalam acara Media Briefing Nyala Financial Fitness Club, pada Rabu (7/7)

Ia menambahkan bahwa kita harus tahu rencana keuangan kita sendiri dan menggunakan uang kita secara bijak. Jangan sampai demi melakukan self reward, kita jadi tak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, membayar cicilan, menabung, dan menyimpan dana darurat.

Oleh karena itu, agar keuangan kita tidak kacau balau akibat self reward, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kumparanWOMAN telah merangkum tiga hal yang bisa dilakukan agar kita bisa melakukan self reward dengan lebih bijak secara finansial.

1. Cari self reward yang tak terlalu banyak mengeluarkan uang

com-Ilustrasi sedang menonton film di kamar. Foto: Shutterstock

Self reward tidak harus dipenuhi dengan membeli suatu barang, ada banyak cara lain yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah me time dengan menonton film atau serial terbaru di rumah lewat platform digital yang biaya langganannya sudah masuk dalam rencana keuangan kita setiap bulan. Sehingga kita tidak mengeluarkan budget lain.

Kalau tetap ingin membeli barang, pastikan apa yang dibeli memang benar-benar dibutuhkan. Misalnya kita ingin membeli makeup atau skin care, cek dulu di rumah produk apa yang akan habis dalam waktu dekat. Dengan begitu, kita akan tahu bahwa apa yang kita beli tak sekadar untuk self reward, tapi juga merupakan sesuatu yang dibutuhkan.

2. Hindari melakukannya demi memenuhi gengsi

Ilustrasi belanja online. Foto: Shutterstock

Ladies, kebutuhan kita dengan orang lain sungguh berbeda. Oleh karena itu, selalu lakukan sesuatu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita sendiri. Jangan sampai kita melakukan sesuatu hanya karena gengsi, terutama saat memilih bentuk self reward.

Membeli barang self reward hanya untuk memenuhi gengsi merupakan kesalahan yang cukup besar. Sebab gengsi tidak akan pernah ada habisnya, kita akan terus merasa kurang. Lalu ketika merasa kurang, kita akan berusaha mencari barang lainnya yang dapat membuat kita rugi secara keuangan.

3. Melakukan self reward untuk masa depan

com-Ilustrasi wanita sedang menabung. Foto: Shutterstock

Hal lain yang bisa dilakukan agar kita bisa melakukan self reward lebih bijak adalah dengan memikirkan masa depan. Ladies bisa melakukan investasi jangka panjang atau menabung agar bisa mendapatkan reward yang lebih besar di kemudian hari. Misalnya seperti rumah, tanah, dan hal lain yang bisa menguntungkan kita di masa depan.

Melakukan cara yang satu ini memang tidak mudah. Menurut Amir Widjaja, kita harus bisa mengubah pola pikir terlebih dahulu. Kita harus memahami bahwa apa yang kita tanam, akan kita tuai di kemudian hari. Artinya, kita harus bersabar supaya bisa mendapatkan yang lebih baik.

“Self reward tidak harus dilakukan dalam waktu dekat atau saat ini juga. Ini bisa jadi lebih positif kalau kita memikirkan masa depan demi reward yang lebih besar,” jelas Amir.

Comments are closed.