Cara Atasi Hyperemesis Gravidarum pada Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil mual Foto: Shutterstock

Mual dan muntah selama kehamilan merupakan hal yang wajar. Beberapa ibu hamil mengalami mual dalam tahap normal, tapi beberapa lainnya juga mengalami mual dan muntah yang parah atau disebut dengan Hyperemesis gravidarum.

Cleveland Clinic melansir, hyperemesis gravidarum (HG) adalah kondisi mual dan muntah yang ekstrem dan terus-menerus terjadi selama kehamilan. Ini merupakan kelainan tidak umum pada ibu hamil yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Menurut American Pregnancy, ibu hamil yang menderita HG dapat mengalami mual dan muntah sepanjang hari. Pada kasus yang parah, mereka bisa muntah sampai 50 kali dalam sehari.

Kondisi ini mungkin disebabkan oleh peningkatan kadar hormon serum yang cepat seperti HCG (human chorionic gonadotropin) dan estrogen. Mual dan muntah yang ekstrem selama kehamilan juga mungkin mengindikasikan kehamilan ganda atau kembar, atau mola hidatidosa, yaitu pertumbuhan jaringan abnormal pada janin.

Kondisi ini tak hanya mengganggu aktivitas ibu hamil, tapi juga bisa membahayakan ibu dan bayi dalam kandungan. Meski begitu, tak perlu khawatir, sebab terdapat beberapa cara untuk mengatasi hyperemesis gravidarum pada ibu hamil seperti dikutip dari Pregnancy Sickness Support berikut ini:

5 Cara yang Bisa Ibu Hamil Lakukan untuk Atasi Hyperemesis Gravidarum

1. Beristirahat

Ibu hamil tidur. Foto: Shutterstock

Istirahat yang cukup merupakan kunci untuk penderita hyperemesis gravidarum. Hiperemesis gravidarum adalah kondisi episodik dengan periode pemulihan yang cukup lama dengan kekambuhan yang sering. Beristirahat dari segala aktivitas selama beberapa hari bisa meringankan gejala mual hebat akibat HG. Sebab, aktivitas yang padat dan berat justru akan memicu rasa mual kembali lagi dengan mudah.

2. Menghindari pemicu mual

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghindari pemicu mual itu sendiri. Banyak ibu hamil menemukan bahwa rangsangan sensorik seperti suara, gambar visual bergerak atau cahaya terang, bau yang kuat dan bahkan pergerakan udara dari jendela yang terbuka dapat memicu rasa mual dan muntah. Apabila ada makanan atau bau tertentu yang menimbulkan rasa mual, sebaiknya segera jauhkan mereka dari jangkauan Anda. Ini akan membantu meminimalisir keparahan kondisi HG, Moms.

3. Makan dengan porsi kecil

Saat ibu hamil berada dalam kondisi HG yang parah, mengonsumsi makanan terlalu banyak justru akan membuatnya semakin mual dan muntah. Jadi, ada baiknya untuk makan makanan dengan porsi kecil namun sering. Konsumsi makanan apa pun yang tidak memiliki bau menyengat namun Anda sukai, ini akan membantu meminimalisir rasa mual.

4. Jangan sampai dehidrasi

ibu hamil minum air putih Foto: Shutterstock

HG yang membuat frekuensi muntah lebih banyak tentu akan membuat ibu hamil dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap mengonsumsi air putih secukupnya untuk menggantikan cairan yang hilang. Apabila air putih biasa justru membuat Anda merasa mual, sah-sah saja untuk menambahkan potongan es batu ke dalamnya.

5. Hindari stres

Stres berlebihan akan memengaruhi kondisi HG dan membuatnya semakin memburuk. Apabila istirahat dalam waktu yang lama justru membuat stres dan bosan, cobalah untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Mulai dari mendengarkan radio, menonton TV, membaca buku atau sekadar melakukan perawatan tubuh dari rumah. Pastikan bahwa aktivitas yang Anda lakukan dapat meningkatkan suasana hati yang menyenangkan.

Penulis: Hutri Dirga Harmonis

Comments are closed.