Bunyi Tembakan di Ujung Landasan, 4 Pesawat Batal Mendarat di Ilaga Puncak

Aktivitas penerbangan di Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak. (Dok foto: Humas Polda Papua)

Jayapura, BUMIPAPUA.COM – Sebanyak 4 pesawat gagal mendarat di Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak usai insiden penembakan pesawat kargo Asian One Air di bandara tersebut pada Jumat (13/5/2022), sekitar pukul 10.00 WIT.

Ke-4 pesawat tersebut adalah 2 pesawat Asian One, 1 pesawat Reven Global Airtranspor dan 1 pesawat Spirit Avia Sentosa (SAS).

“Ada bunyi tembakan di bandara, tapi ga kena ke pesawat. Dari penembakan ini, ada 4 pesawat yang batal mendarat di Ilaga,” kata Kepala Bandara Aminggari Ilaga, Herman Sujito, saat dihubungi lewat gawainya.

Herman menjelaskan dugaan bunyi pesawat dari ujung landasan. “Saat pesawat Asian One sudah mau mendarat, tiba-tiba ada bunyi tembakan dari ujung bandara, sehingga pesawat batal mendarat,” katanya.

Herman mengklaim hingga saat ini, Bandara Ilaga kondusif. Pihaknya terus berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menjaga situasi benar-benar aman untuk pendaratan.

Bandara Aminggaru menjadi sarana vital di daerah itu. Bandara ini menjadi akses satu-satunya untuk keluar masuk barang dan perlintasan manusia.

Bandara Aminggaru melayani penumpang mulai pukul 07.00 WIT hingga pukul 13.00 WIT. Jika cuaca normal, bandara tersebut dapat melayani 56 penerbangan.

Comments are closed.