Bukan Cuma Staria, Hyundai Siapkan Pesaing Avanza-Xpander Akhir 2021

Eksterior Hyundai Staria. Foto: dok. Hyundai

Mobil baru Hyundai Staria tengah jadi pembicaraan hangat akhir-akhir ini. Sebab kehadirannya makin dekat ke Indonesia, setelah ada pengumuman resmi bahwa MPV tersebut akan mendarat di Thailand pada 9 Juli ini.

Beberapa tenaga penjual pun mengamini hal tersebut. “Staria akan masuk Indonesia, waktu detail peluncurannya belum ada info, tapi sebentar lagi kami akan di-training,” terang salah satu wiraniaga Hyundai Jakarta kepada kumparan, Rabu (7/7).

Tapi yang menarik Hyundai Indonesia juga bakalan mobil baru lainnya. Modelnya berupa MPV terjangkau yang bakal mengisi segmen yang serupa Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. “Tahun ini rencana ada dua line up baru lagi, Staria dan Low MPV di akhir tahun,” terangnya lagi.

Sayangnya mengenai detailnya belum bisa diungkap. Tapi kemungkinan besar berupa Hyundai Stargazer. Nama tersebut bahkan sudah terdaftar dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Republik Indonesia.

Stargazer didaftarkan oleh Hyundai Motor Company yang bermarkas di Korea melalui konsultan hukum di Indonesia, sebagai penamaan mobil. Permohonan pendaftarannya sudah dilakukan sejak November 2020 lalu.

Stargazer nama mobil baru Hyundai di Indonesia. dok pdki-indonesia.dgip.go.id

Low MPV tersebut digadang-gadang juga akan diproduksi di pabrik Hyundai di Kota Deltamas, Cikarang. Rencananya pada akhir 2021 pabrik bisa mulai beroperasi, dengan kapasitas produksi 150 ribu unit dan bisa dimaksimalkan hingga 250 ribu unit per tahun.

Bila ingat pada pernyataan resmi pabrikan soal seremoni penandatanganan investasi Hyundai akhir 2019 lalu, disebutkan fasilitas produksi dengan nilai investasi Rp 21 triliun itu akan memproduksi mobil listrik, SUV, sedan, dan juga kompak MPV untuk domestik dan ekspor.

Pabrik yang menjadi pusat manufaktur pertama Hyundai di kawasan Asia Tenggara dan dibangun seluas 77,6 hektar itu terdiri dari atas fasilitas stamping, pengelasan, pengecatan, dan perakitan.

Mobil konsep Hyundai Hexa Space Foto: dok. Carscoops

Ada SUV Hyundai Creta yang bakal diluncurkan

Tak cuma Stargazer, nama mobil Hyundai yang telah didaftarkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, termasuk Staria dan Creta juga terpantau sudah ikut diregistrasi. Semuanya sama, penamaan tersebut dimiliki oleh Hyundai Motor Company.

Bocoran Hyundai Creta 2020 yang sedang uji jalan di Indonesia. Foto: dok. Herianto_0141

Rumor Hyundai Creta sebenarnya sudah terendus sejak dua tahun belakangan. Apalagi sejak unitnya yang lengkap pakai selubung kamuflase sering tertangkap kamera tengah melakoni uji jalan di Indonesia.

Menarik dinantikan gempuran Hyundai di Indonesia nih, mari kita tunggu!

Comments are closed.