Buka 503 Gerai Vaksinasi di Jatim, Polda Targetkan Suntik 23 Ribu Orang Per Hari

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, saat kunjungan ke gerai vaksinasi presisi Polri di Taman Bungkul, Surabaya, Rabu (30/6) kemarin. Foto-foto: Istimewa

Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk 1 juta vaksin per hari, guna segera membentuk Herd Immunity, Polda Jatim telah mendirikan 503 gerai vaksinasi, yang tersebar di seluruh jajaran Jawa Timur.

Dari 503 gerai vaksinasi tersebut, Polda Jatim menargetkan bisa melakukan vaksin terhadap 23 ribu orang setiap harinya.

“Jadi rata-rata kami akan melaksanakan 23 ribu per hari. Itu terbagi menjadi 503 gerai. Untuk percepatan program vaksinasi. Salah satu gerainya di Taman Bungkul, disini ada 250 vaksin. Nanti ada gerai lain bisa 200 vaksin, ada yang 500 vaksin. Tergantung dari ketersediaan vaksin dan kedatangan masyarakat untuk melaksanakan vaksin,” jelas Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, (30/6).

Dia pun mengimbau masyarakat untuk datang ke gerai-gerai vaksin yang sudah ada, atau yang sudah dimiliki oleh Puskesmas. Hal ini untuk meningkatkan herd immunity.

“Jadi tinggal membawa KTP kemudian mengisi form dan nanti dilaksanakan skrining pemeriksaan kesehatan, yang bersangkutan itu bisa atau tidak mengikuti vaksinasi,” imbuhnya.

Nantinya, lanjut Nico, Jawa Timur menargetkan 117 ribu vaksin per hari. Ini dilaksanakan oleh Pemprov dan TNI-Polri.

Nico juga menyerukan kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan mengajak untuk tetap menjaga diri, keluarga, dan negara.

“Ayo jaga kesehatan diri, jaga kesehatan keluarga dan jaga kesehatan negara,” tegasnya.

Sementara itu, di Surabaya selain di Taman Bungkul, gerai Vaksinasi Presisi Polri tersebut juga hadir di Polrestabes Surabaya dan Satpas Colombo.

“Gerai Vaksinasi Polri ini tidak mengganggu vaksinasi yang ada di puskesmas-puskesmas. Ini intinya akselerasi atau percepatan untuk mencapai target 1 juta dosis vaksin per hari yang telah dicanangkan pemerintah,” kata Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo, (30/6).

Untuk di Kota Surabaya sendiri, lanjutnya, ditargetkan dalam sehari mencapai 10 – 20 ribu dosis vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat. Selanjutnya, di Polrestabes Surabaya sendiri total vaksin yang disediakan ada sekitar lebih dari 10 ribu dosis vaksin dan yang sudah berjalan sekitar 6-7 ribu dosis vaksin, sedangkan sisanya tinggal 4.500 dosis yang ada.

“Ini rencananya akan dilaksanakan hingga hari Sabtu, jika pada hari itu stok dosisnya habis, kita akan minta lagi ke Polda Jatim. Kemudian kita lanjutkan lagi pada hari Seninnya di dua lokasi ini (Mapolrestabes Surabaya dan Satpas Colombo),” tukasnya.

Comments are closed.