Bolehkah Ibu Hamil Olahraga Zumba?

iBolehkah Ibu Hamil Olahraga Zumba? Foto: Freepik

Meski berat badan bertambah, saat hamil Anda harus tetap aktif supaya bisa memperlancar proses persalinan. Ya Moms, tetap aktif selama kehamilan juga akan membuat Anda menjadi lebih bugar dalam menjalani kehamilan.

Jadi, meskipun Anda sedang hamil, sebaiknya sempatkan waktu untuk bergerak dan berolahraga ringan jika diizinkan dokter. Ya Moms, walaupun badan terasa lebih cepat lelah dan punggung juga mungkin terasa lebih sakit, tetap aktif berolahraga, akan membuat Anda menjadi lebih sehat.

Banyak olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, mulai dari jalan santai, berenang, yoga, atau senam hamil. Tapi, bagaimana dengan zumba? Apakah ibu hamil boleh melakukannya? Mengingat ibu hamil perlu menari saat melakukan zumba.

Penjelasan soal Ibu Hamil Olahraga Zumba

Bolehkah Ibu Hamil Olahraga Zumba? Foto: Freepik

Moms, zumba adalah program kebugaran yang berasal dari Kolombia dan melibatkan tarian dengan irama Latin. Walaupun diharuskan menari, tapi ibu hamil boleh-boleh saja melakukan zumba.

Apalagi, jika memang Anda sering melakukan zumba sebelum hamil, maka Anda boleh melanjutkan olahraga ini. Namun sebelum melakukannya, lebih baik periksa dulu ke dokter dan minta rekomendasinya.

Bagi sebagian besar ibu hamil, zumba bisa sangat menyehatkan dan bermanfaat. Tetapi, pada beberapa kehamilan berisiko tinggi, olahraga seperti zumba dianggap tidak aman dan mungkin dokter akan menyuruh Anda untuk lebih banyak istirahat.

Kemudian, instruktur zumba Anda juga perlu tahu bahwa Anda sedang hamil, supaya gerakannya dapat dimodifikasi. Terutama, yang melibatkan banyak gerakan membungkuk dan memutar.

Mengutip What To Expect, gerakan tersebut akan sulit dilakukan karena perut Anda yang semakin membesar dan tubuh Anda pun jadi tidak bisa seimbang. Saat zumba, Anda juga perlu minum banyak air putih sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

Jangan lupa juga untuk memakai pakaian yang nyaman dan membuat Anda mudah bernapas. Sebab, zumba akan membuat tubuh Anda panas dan ibu hamil tidak boleh kepanasan karena tidak baik untuk Anda dan juga bayi di dalam kandungan.

Jadi untuk mengakalinya, jangan sampai menari terlalu lelah, Moms. Kemudian, jika saat menari Anda sulit bernapas dan tidak bisa menyelaraskan tarian, lebih baik jangan dilanjutkan, karena janin Anda bisa saja kekurangan oksigen.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, ibu hamil bisa melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang. Mereka juga menyarankan bahwa ibu hamil tidak boleh memiliki detak jantung lebih dari 140 denyut per menit.

Selaitu, ibu hamil direkomendasikan untuk berolahraga selama 30 menit sehari. Jadi, perhatikan semua rekomendasi tersebut sebelum melakukan zumba, agar olahraga tersebut bisa bermanfaat untuk Anda.

Comments are closed.