Bolehkah Bayi Minum Air Kelapa seperti Anak Rianti Cartwright?

Rianti Cartwright dan keluarga. Foto: Instagram / @riantic

Air kelapa menjadi salah satu minuman yang menyegarkan, terlebih bila dikonsumsi saat cuaca sedang terik atau panas. Selain rasanya yang enak, air kelapa juga dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Anak-anak hingga orang dewasa pun menyukainya. Tapi, bagaimana bila bayi minum air kelapa seperti anak Rianti Cartwright?

Ya Moms, belum lama ini salah satu selebriti Tanah Air, Rianti Cartwright memberikan air kelapa kepada sang anak, Cara Rose Kanaya Nainggolan. Hal tersebut diketahui dari unggahan sang ibu di akun Instagram pribadinya. Anak perempuannya yang baru akan menginjak usia 1 tahun atau 12 bulan pada 25 Juli mendatang itu pun tampak asyik menikmati air kelapa.

“Dalam episode kelapa muda #aah,” tulis Rianti Cartwright dalam keterangan di unggahannya itu.

Penjelasan soal Boleh Tidaknya Bayi Minum Air Kelapa

Bolehkah Bayi Minum Air Kelapa seperti Anak Rianti Cartwright? Foto: Instagram / @riantic

Moms, terkait boleh tidaknya bayi minum air kelapa, mungkin menjadi salah satu hal dipertanyakan beberapa orang tua. Namun sebenarnya, Anda boleh-boleh saja memberikan bayi air kelapa. Yang perlu Anda perhatikan adalah waktu yang tepat saat mengenalkannya pada air kelapa.

Parenting melansir, Anda bisa mengenalkan air kelapa kepada si kecil saat ia sudah menginjak usia 6 atau 8 bulan ke atas, Moms. Tapi, para ahli merekomendasikan untuk tidak memberikan potongan daging kelapa pada bayi terlebih dahulu, melainkan hanya airnya saja. Sebab, sistem pencernaan bayi belum terbentuk dengan sempurna, sehingga bisa membuat bayi jadi diare maupun sembelit. Apabila si kecil sudah berusia 1 tahun, Anda boleh memperkenalkannya dengan daging kelapa.

Ilustrasi air kelapa hijau Foto: Shutterstock

Sebaliknya di bawah usia enam bulan, bayi hanya boleh diberikan ASI. Hal ini juga sudah ditegaskan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) maupun Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Ya, itu karena kandungan pada ASI merupakan nutrisi paling lengkap dan mengandung segala nutrisi yang diperlukan bayi usia 6 bulan ke bawah agar tumbuh kembangnya optimal.

Ada pun beberapa manfaat air kelapa untuk bayi, di antaranya dapat melindungi bayi dari penyakit karena mengandung senyawa yang disebut dengan monolaurin. Selain itu, air kelapa juga bersifat antibakteri, karena air kelapa mengandung biokimia tertentu yang disebut juga sebagai peptida antimikroba. Ya, kandungan ini mampu menghindarkan bayi terkena infeksi perut, seperti diare dan sembelit.

Jadi, jangan ragu memberikan air kelapa pada bayi yang sudah mengonsumsi makanan padat ya, Moms!

Comments are closed.