Bobol Gawang Inggris, Mikkel Damsgaard Samai Zinedine Zidane

Selebrasi pemain Denmark usai mencetak gol ke gawang Inggris pada pertandingan semi final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris. Foto: Carl Recine/REUTERS

Mikkel Damsgaard menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak gol ke gawang Inggris di Euro 2020. Berkat golnya itu, ia juga sukses menyamai torehan legenda Timnas Prancis, Zinedine Zidane.

Inggris akhirnya merasakan kebobolan setelah bermain enam pertandingan. Gawang kawalan Jordan Pickford koyak ketika melawan Denmark di semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB.

Adalah Mikkel Damsgaard yang berhasil menodai kesucian gawang tim berjuluk ‘Tiga Singa’ itu lewat tendangan bebas indah pada menit ke-30.

Pemain Denmark Mikkel Damsgaard mencetak gol ke gawang Inggris pada pertandingan semi final Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris.
Foto: Laurence Griffiths/REUTERS

Damsgaard lantas berhasil menorehkan rekor lagi berkat golnya. Ia jadi pemain pertama yang mencetak gol lewat tendangan bebas di Euro 2020.

Total, dua gol sudah diciptakan oleh Damsgaard dalam lima pertandingan di pentas Euro 2020. Hebatnya, dia menjadi pencetak gol termuda timnas Denmark dalam ajang empat tahunan tersebut.

Saat mencetak gol ke gawang Rusia di fase grup, Damsgaard baru berusia 20 tahun 353 hari dan menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah sepak bola Denmark.

Damsgaard juga tercatat jadi pemain yang mampu mencetak gol via tendangan bebas langsung di fase gugur Euro sejak Zinedine Zidane bersama Prancis pada edisi 2000.

Sayangnya, gol Damsgaard itu tidak mampu membawa Denmark lolos ke final. Inggris mampu mencetak dua gol balasan via own goal Simon Kjaer (39′) dan Harry Kane (104′).

Dengan hasil ini, Inggris berhak melaju ke final Euro 2020. The Three Lions akan berhadapan dengan Italia pada Senin (12/7) dini hari WIB.

****

Comments are closed.