Bill Gates Bisa Depak Melinda dari Yayasan Filantropi yang Didirikan Bersama

Bill Gates dan Melinda Gates Foto: Instagram @thisisbillgates

Perceraian antara Bill Gates dan Melinda French Gates menimbulkan permasalahan baru soal tata kelola yayasan filantropi yang mereka dirikan bersama sejak 2000 lalu. Nasib sang mantan istri Bill Gates di Bill & Melinda Gates Foundation akan diputuskan dalam dua tahun mendatang.

Bill Gates dan Melinda French Gates begitu menyayangi yayasan yang mereka dirikan itu. Bahkan, terkadang mereka menyebutnya sebagai “anak keempatnya”. Setelah adanya perceraian, masa depan Bill & Melinda Gates Foundation sering dipertanyakan, khususnya soal kendali atas institusi tersebut.

CEO Bill & Melinda Gates Foundation, Mark Suzman, mengumumkan Melinda French Gates akan mengundurkan diri dari posisinya sebagai co-chair dan wali amanat, jika dia atau Bill Gates memutuskan tidak dapat bekerja sama setelah dua tahun. Tidak jelas alasan pemilihan jangka waktu itu.

“Mereka telah sepakat bahwa jika setelah dua tahun salah satu dari mereka memutuskan bahwa tidak dapat terus bekerja sama, Melinda akan mengundurkan diri sebagai co-chair dan wali amanat,” kata Suzman dalam pesan kepada karyawan Bill dan Melinda Gates, dikutip The New York Times.

Pendiri Bill & Melinda Gates Foundation, Melinda Gates. Foto: Mike Theiler/Reuters

Jika pengunduran diri terjadi, tambah Suzman, Melinda akan menerima dana pribadi dari Bill untuk pekerjaan filantropisnya, terpisah dari dana abadi yayasan. Gates akan mendapatkan hak asuh penuh Bill & Melinda Gates Foundation.

Suzman tidak tahu berapa banyak dana yang akan didapatkan oleh Melinda, jika ia didepak dari yayasan yang didirikan bersamanya. Meski begitu, jumlah pembayaran berapa pun kemungkinan besar akan signifikan.

Sebelumnya, miliaran dolar AS dalam bentuk saham telah ditransfer ke Melinda sejak perceraian diumumkan. Melinda mengejar ambisinya sendiri melalui organisasi terpisah yang dikenal sebagai Pivotal Ventures.

Suzman juga mengatakan masa percobaan dua tahun pasca-perceraian dilakukan bersamaan dengan komitmen tambahan dana sebesar 15 miliar dolar AS dari Bill & Melinda Gates Foundation untuk upaya kesehatan global, pengurangan kemiskinan, kesetaraan gender, dan bidang-bidang penting lainnya. Selain itu, yayasan juga telah memutuskan untuk memperluas jumlah wali amanat di luar lingkaran dekat mereka.

“Wali amanat tambahan akan membawa perspektif baru, membantu memandu alokasi sumber daya dan arah strategis, dan memastikan stabilitas dan keberlanjutan yayasan,” jelas Suzman.

Melinda dan Bill Gates. Foto: REUTERS/Kamil Zihnioglu/Pool

Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan paling berpengaruh di dunia

Kurang dari setahun terakhir, Bill & Melinda Gates Foundation dijalankan oleh Bill Gates, Melinda French Gates, ayah Bill, dan salah satu teman terdekatnya, miliarder Warren E. Buffett. Yayasan ini menjadi salah satu lembaga paling berpengaruh di dunia, dengan nilai mencapai lebih 50 miliar dolar AS.

Warren Buffett pada Juni lalu mengundurkan diri sebagai wali amanat ketiga yayasan tersebut dan menjelaskan bahwa perceraian telah membuat perubahan signifikan dalam gerakannya.

Gates Foundation juga ikut berusaha memerangi COVID-19, memberantas polio, dan membentuk kembali perjuangan kesetaraan gender. Yayasan ini memiliki lebih dari 1.700 karyawan dan memberikan hibah di negara-negara di seluruh dunia.

Sejak 2000, yayasan tersebut telah memberikan hibah dengan total lebih dari 55 miliar dolar AS. Sumbangan terbesar berasal dari pasangan Bill dan Melinda Gates, tetapi puluhan miliar dolar AS juga berasal dari Warren Buffett.

Comments are closed.