Berkat Apple Watch, Wanita Ini Selamat dari Serangan Jantung Mematikan

Apple Watch Series 6. Foto: Apple

Hal sepele seperti memakai smartwatch di pergelangan tangan bisa menyelamatkan hidup Anda. Karena hanya dengan sensor, masalah serius di tubuh Anda bisa dideteksi. Itulah yang terjadi baru-baru ini dengan Diane Feenstra, seorang wanita asal AS.

Diane adalah penderita “widowmaker”, salah satu serangan jantung yang berpotensi tinggi memicu kematian. Dan Apple Watch adalah perangkat yang dikreditkan sebagai penyelamat nyawanya.

Perangkat itu memberitahu Diane bahwa jantungnya berdetak kencang dengan 169 bpm, jauh lebih tinggi dari biasanya.

Awalnya, Diane bingung dan menganggap data yang ditunjukkan Apple Watchnya adalah sebuah kesalahan karena pola hidupnya yang sehat — mulai dari berolahraga, makan dengan benar, minum minuman hijau hampir setiap hari. Aktivitasnya juga tidak lebih dari berjalan kaki 12 langkah.

Kepada ABC123, Diane menjelaskan gejala serangan jantung pada wanita memang diketahui berbeda. Dia merasa sakit di tangan kiri, pembengkakan di kaki kiri, dan gangguan pencernaan yang dikiranya wajar seiring bertambah usia.

Melihat kondisi tersebut, dia pun mengunjungi ruang gawat darurat. EKG menunjukkan tidak ada waktu untuk disia-siakan. Mereka memberinya empat tablet aspirin dan langsung membawa Dianne ke Pusat Jantung untuk penyelidikan lebih lanjut.

Para dokter kemudian menemukan penyumbatan pada arteri utama kiri atau arteri desendens anterior kiri jantung. Penyumbatan menghentikan darah mencapai sisi kiri jantung, yang kemudian berhenti bekerja dengan baik. Hal inilah yang biasanya disebut serangan jantung “widowmaker”, kondisi yang bisa berakibat fatal.

Mengutip ABC13, hanya 12% orang yang mengalami serangan jantung jenis ini bertahan hidup, mengutip American Heart Association. Para dokter mendeteksi serangan jantung tepat waktu. Diane kemudian menjalani prosedur stent atau pemasangan ring jantung.

Meskipun Apple Watch tidak memiliki fitur deteksi serangan jantung bawaan, perangkat ini memonitor detak jantung secara berkelanjutan. Apple Watch mungkin tidak mendeteksi serangan jantung, tetapi dapat menyelamatkan nyawa.

Comments are closed.