Berita Populer: Pajak Mobil Hybrid Naik; Suzuki Ertiga Peringkat 9 Dunia

Mobil-mobil hybrid Toyota Foto: dok. TAM

Presiden Joko Widodo resmi meneken aturan pajak mobil hybrid dan listrik baru, menjadi berita populer kumparanOTO pada Kamis (8/7).

Ada kenaikan membuat pajak (DPP) mobil hybrid (HEV), dan plug-in hybrid (PHEV). Awalnya, wacana ini mencuat pada Maret 2021 lalu, saat Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan rapat kerja bersama Komisi XI DPR Maret 2021 lalu.

Kemudian pemberitaan Suzuki Ertiga menjadi MPV terlaris ke-9 di dunia juga dilirik pembaca. Disusul bocoran harga Hyundai Staria yang akan meluncur di Indonesia.

Rangkuman berita populer kumparanOTO

Jokowi Naikkan Pajak Mobil Hybrid, Harga Jadi Lebih Mahal

Mitsubishi Outlander PHEV Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Presiden Joko Widodo resmi teken revisi aturan PPnBM baru, yang membuat pajak (DPP) mobil hybrid (HEV), dan plug-in hybrid (PHEV) kini lebih mahal.

Sebelumnya wacana perubahan ini mencuat pada Maret 2021 lalu, ketika Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan rapat kerja bersama Komisi XI DPR Maret 2021 lalu.

Dan untuk pajak mobil listrik murni atau battery electric vehicle (BEV) dan fuel cell electric vehicle (FCEV), masih tetap nol persen.

Aturan barunya tertuang dalam PP 74 tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Nomor 73 tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor yang Dikenai Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

Suzuki Ertiga Jadi MPV Terlaris ke-9 di Dunia, Alphard ke-4

Warna Baru Suzuki Ertiga Foto: dok. Suzuki Indomobil Sales

Suzuki Ertiga ternyata masuk dalam 10 besar mobil terlaris di dunia, bahkan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander tak ada. Andalan mobil berlambang S itu menempati peringkat 9.

Jawaranya sendiri selama periode 4 bulan pertama 2021 dipegang oleh Wuling Hongguang. MPV buatan pabrikan China itu terjual sebanyak 57.650 unit.

Mengekor di posisi kedua mengutip laporan Focus2move, dipegang oleh Buick GL8 yang mencatat penjualan sebesar 56.268 unit. Selanjutnya menutup posisi 3 besar diisi oleh Honda Odyssey dengan penjualan 55.409 unit di seluruh dunia.

Konsultan otomotif yang berfokus pada industri kendaraan roda empat itu, merilis data penjualan dari asosiasi manufaktur di 159 negara. Khususnya penjualan MPV, datanya mengacu pada negara yang menjualnya seperti China, Jepang, Thailand, Indonesia, Vietnam, dan lainnya.

Bocoran Harga Hyundai Staria di Indonesia, Lebih Murah dari Toyota Alphard!

Eksterior Hyundai Staria. Foto: dok. Hyundai

Persaingan segmen MPV premium atau upper MPV di Tanah Air bakal semakin seru, karena ada kabar rencana kedatangan Hyundai Staria di Indonesia.

Rumornya waktu peluncurannya pun tak akan lama lagi. Ini diperkuat dengan pernyataan salah satu wiraniaga Hyundai di Jakarta.

“Iya akan masuk tahun ini, harusnya sih minggu-minggu ini kita mulai training. Cuma karena ada PPKM Darurat jadi diundur,” jelas salah satu tenaga penjual Hyundai yang enggan disebutkan namanya itu.

Selain menyoal waktu peluncurannya, estimasi harga dari pesaing Toyota Alphard dan Honda Odyssey itu pun mulai mencuat. Menurut penuturan tenaga penjual tersebut, Hyundai Staria diperkirakan bakal memiliki kisaran harga di angka Rp 800 juta hingga Rp 900 juta.

Comments are closed.