Bendera Indonesia di SEA Games Tertukar saat Ditayangkan TV Singapura

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Ferry J Kono mengibarkan bendera merah putih saat upacara pengukuhan kontingen tim Indonesia untuk Sea Games Vietnam di Jakarta, Minggu (8/5/2022). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Insiden terkait salah simbol negara kembali menimpa Indonesia. Kali ini, terjadi di SEA Games 2021 Vietnam. ‘Merah-Putih‘ tertukar dengan bendera negara lain.

Sebelumnya, insiden serupa pernah terjadi di SEA Games 2017 yang digelar di Malaysia. Dalam sebuah suvenir SEA Games, Bendera Indonesia dibalik menjadi putih-merah, menyerupai Bendera Polandia.

Namun kini, kesalahan tidak berasal dari Panitia SEA Games, melainkan salah satu stasiun televisi asal Singapura, Channel News Asia (CNA), dalam tayangan program Asia First pada Kamis (12/5) pagi.

Dalam tayangan itu, CNA menampilkan perolehan medali 11 negara yang berpartisipasi di SEA Games. Namun, terjadi kesalahan teknis di mana nama negara tidak sesuai dengan bendera masing-masing.

Pedayung Ardi Risedi (kanan) dan Kakan Rusmana melakukan hormat kepada bendera Merah Putih usai pengalungan medali nomor lightweight man’s double scull cabana saying SEA Games 2021 di Hai Phong, Vietnam, Rabu (11/5/2022). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Nama Indonesia disandingkan dengan Bendera Thailand. Sementara, Bendera Merah-Putih milik Indonesia dipakai ditampilkan untuk Filipina.

Hanya ada dua negara yang cocok dengan benderanya masing-masing, yakni Myanmar dan Timor Leste.

”Kantor berita itu menggambarkan nama-nama negara yang berpartisipasi di SEA Games dengan bendera nasional masing-masing yang tidak cocok,” tulis laporan Media Malaysia, The Star.

Adapun, saat ini Indonesia ada di peringkat ketiga klasemen SEA Games 2021 di bawah Vietnam peringkat pertama dan Malaysia di urutan kedua. Indonesia sudah meraih lima emas, delapan perak dan satu perunggu.

Comments are closed.