Basarnas Mamuju Kini Miliki Kapal Canggih untuk Pencarian di Laut

Kapal khusus pencarian milik Basarnas Mamuju. Foto: Dok. Pemprov Sulbar

Badan SAR Nasional (Basarnas) Mamuju kini dilengkapi dengan kapal canggih untuk melakukan pencarian di laut. Menurut Kepala Basarnas Mamuju, Saidar Rahman Jaya, kapal tersebut sudah dilengkapi alat komunikasi dan navigasi peralatan pencarian yang canggih.

Di samping itu, juga dibekali alat pertolongan dan alat selam sehingga pelayanan pencarian dan pertolongan bisa dilakukan lebih baik. Kapal ini juga bisa memuat 15 hingga 20 orang.

“Adapun tugas lain dari kapal ini tergantung dari situasi dan kondisi dari pusat. Jika ada rekomendasi dari pusat, maka kapal bisa digunakan untuk kegiatan lain, seperti kegiatan-kegiatan di pemerintah provinsi,” ungkap Saidar, Senin (28/6/2021).

Untuk tahun ini, kata dia, Basarnas hanya menyiapkan enam unit kapal khusus pencarian di wilayah Indonesia, yaitu Banten, Medan, Surabaya, Maumere, Tarakan, dan Sulbar.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, menyambut baik adanya kapal pencarian khusus yang dimiliki Basarnas Mamuju. Dia menilai, Sulbar merupakan salah satu daerah yang rawan bencana dan sebagian warga yang bekerja sebagai nelayan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Basarnas Pusat dan Basarnas Mamuju yang telah memberikan satu unit kapal untuk Sulawesi Barat, dari sekian provinsi cuma beberapa provinsi saja yang mendapatkan bantuan pengadaan kapal Basarnas,” kata Ali Baal.

“Saya melihat fasilitasnya cukup bagus dan lengkap, saya berharap kapal ini bisa tetap dijaga, dipelihara, dan dipergunakan sebaik mungkin demi masyarakat Sulbar,” ujarnya.

Comments are closed.