Bangun Sekolah Baru, Pemkot Malang Komitmen Lakukan Pemerataan Pendidikan

Peletakan batu pertama SMPN 28 Malang oleh Wali Kota Malang, Sutiaji, Rabu (30/6/2021). (Foto: Pemkot Malang)

Wali Kota Malang, Sutiaji melakukan peletakkan batu pertama pembangunan gedung SMPN 28 Kota Malang yang terletak Jalan Sadewo Kelurahan Polehan, Kecamatan Blimbing pada Rabu (30/6/2021)

Dalam sambutannya, Sutiaji menyampaikan hal ini sebagai upaya pemerataan fasilitas sarana dan prasana pendidikan di Kota Malang. Sebab, salah satu cara untuk mengubah dunia yakni melalui pendidikan.

Ditambah, keberhasilan pembangunan juga dapat diukur melalui Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mana salah satunya, yakni perihal masalah belajar. Dengan demikian, lanjut Sutiaji, terdapat tiga SMPN yang dibangun pada tahun 2021, termasuk SMPN 28 ini.

“Lama belajar di sekolah kita, masih tetap kita kuatkan karena IPM kita menjadi nomor dua setelah Kota Surabaya,” ujarnya.

Pun, penguatan literasi yang selaras dengan tingkah laku peserta didik diharapkan akan menjadi faktor pendukung utama dalam kesuksesan pembangunan.

“PR kita adalah bagaimana anak-anak kita dan bagaimana kita ini antara literasi, pengetahuan, ucapan dan tindakan ada korelasinya,” tambahnya.

Untuk itu, pembangunan ini diharapkan dapat terlaksana sesuai dengan perencanaan. Tepatnya ditargetkan selesai dalam akhir tahun 2021, sehingga sarana dan prasarana sekolah yang bersebelahan dengan SDN Polehan 2 ini dapat dimanfaatkan pada bulan Januari 2022.

Diketahui, kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua komisi D DPRD Kota Malang H. Wanedi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang. Suwarjana, SE, MM, Camat Blimbing Aryadi Wardoyo, S.STP, M.Si. dan tokoh masyarakat kelurahan Polehan.

Turut menambahkan, menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana, pembangunan sekolah diatas lahan 2.700 meter persegi dengan luas bangunan 3.100 meter persegi serta nilai kontrak sebesar 7.458.163.000 itu akan dilaksanakan bertahap.

“Pembangunan terdiri dari 2 lantai, dengan ruang UKS, ruang Komite, ruang kepala sekolah, ruang Guru, Lab IPA dan ruang kelas sebanyak 14,” imbuhnya.

Comments are closed.