Bangun Circle Positif, Dosen di Surabaya Gelar Pelatihan Komunikasi Siswa SMA

Pandemi COVID-19 telah menghambat proses sosialisasi siswa di sekolah. Siswa kesulitan untuk mengungkapkan diri, memiliki kecakapan sosial yang kurang baik, anti sosial (ansos) karena terlalu banyak bermain gadget, komunikasi kurang efektif kepada teman dan lingkungan sekitarnya.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, tim pengabdian masyarakat yakni dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur mengadakan pelatihan bertema “How To Socialize Effectively And Make Friends In Campus Life” di SMAN 17 Surabaya. Pelatihan ini di diikuti 50 siswa yang terdiri dari pengurus OSIS dan siswa kelas 12 SMAN 17 Surabaya.

“Adanya kegiatan ini dapat menjalin kerjasama yang baik dengan UPN Veteran Jatim dalam hal transfer ilmu serta mempersiapkan bekal siswa menuju jenjang perkuliahan, terutama karena siswa sudah terlalu lama menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ),” ujar Wakil Kepala Sekolah SMAN 17 Surabaya Teguh Harjono, Jumat (13/5).

Dalam kegiatan tersebut, dosen melibatkan 5 mahasiswa mata kuliah Public Speaking dari Prodi Ilmu Komunikasi UPN ‘Veteran’ Jatim.

Berbeda dengan seminar pada umumnya, kegiatan ini dikemas dengan konsep non formal dan diselingi dengan praktek, games, serta ice breaking sehingga menarik atensi siswa.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan alih pengetahuan tentang komunikasi efektif dan komunikasi interpersonal, meningkatkan kecakapan sosial siswa,” ujar dosen Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jawa Timur Farikha Rachmawati.

“Selain itu juga memberikan ruang bagi siswa membangun kepercayaan diri dan mengajak rekan berkenalan dan bercakap melalui games seru dan ice breaking, serta memberikanpemahaman etika komunikasi yang baik terhadap lawan bicara,” imbuh Farikha.

Kevin, salah satu peserta kegiatan cukup antusias mengikutinya.

“Acaranya seru, sangat membantu siswa untuk menyiapkan diri dan mengenal dunia perkuliahan, membangun hubungan dengan teman, serta memahami personal branding dan etika komunikasi efektif di dunia perkuliahan,” tukas siswa kelas 12 SMAN 17 Surabaya ini.

Comments are closed.