Bakal Ada PPKM Darurat, Penumpang MRT Turun Jadi 14 Ribu per Hari

Penumpang membawa sepeda non-lipat di dalam kereta MRT di Jakarta, Minggu (28/3/2021). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO

Pemerintah kembali menarik rem darurat dalam rangka pengendalian kasus COVID-19. Setelah kebijakan PPKM Mikro diberlakukan selepas momentum Lebaran 2021, kini pemerintah bakal mengetatkan lagi dengan memberlakukan PPKM Darurat.

Kebijakan ini sudah mulai berdampak pada menurunnya aktivitas masyarakat yang bepergian menggunakan moda transportasi umum, salah satunya MRT Jakarta.

Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar mengungkapkan, jumlah penumpang harian MRT mengalami penurunan signifikan. Penurunan ini mulai terjadi sejak berlakunya PPKM Mikro yang mengharuskan jam operasional MRT dikurangi.

Menurut William, penurunan lebih besar terutama dalam beberapa hari terakhir. Di mana jumlah orang yang bepergian berkurang nyaris setengah dibandingkan dengan awal-awal Juni 2021.

“Hari-hari ini karena kasus COVID-19 yang meninggi maka ridership di MRT Jakarta menurun lagi. Setelah pemberlakukan PPKM Mikro bahkan beberapa hari terakhir ini memang turun lagi sampai 14.551 per hari,” ujar William dalam Forum Jurnalis yang digelar secara virtual, Rabu (30/6).

William memaparkan, jumlah penumpang ini sempat mengalami lonjakan setelah momentum Lebaran 2021, di mana angka penumpang harian bahkan sempat mencapai 30 ribu orang per hari di awal Juni 2021.

Kemudian, angkanya kembali berkurang drastis saat PPKM Mikro berlaku. Secara keseluruhan, rata-rata penumpang harian MRT sepanjang Juni mencapai 23.041 per hari. Sedangkan di bulan Mei angkanya sedikit lebih tinggi yakni 24.016 per hari.

William memproyeksikan angkanya akan kembali menurun saat PPKM Darurat mulai berjalan per 3 Juli 2021. Sebab jam operasional MRT selama pembatasan ini berlaku, berubah menjadi dari sebelumnya hingga pukul 23.00 WIB menjadi hanya sampai pukul 21.00 WIB.

“Jarak antar-kereta atau headway itu di hari kerja tiap 5 menit di jam sibuk, dan tiap 10 menit di luar jam sibuk. Sedangkan akhir pekan operasional mulai pukul 06.00 WIB, dan headway tiap 10 menit,” tuturnya.

Comments are closed.