Bagaimana Warna Darah Menstruasi yang Normal? Begini Penjelasan Dokter

Bagaimana Warna Darah Menstruasi yang Normal? Begini Penjelasan Dokter. Foto: Shutter Stock

Sebagai seorang perempuan, menstruasi menjadi momen dan siklus penting dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, kita harus memahami A-Z mengenai siklus bulanan ini. Nah, salah satu hal yang perlu kita ketahui adalah soal warna darah menstruasi.

Sebagian perempuan mungkin mengeluarkan darah dengan warna berbeda pada hari pertama. Tapi menurut dr. Mery Sulastri, seorang Praktisi Kesehatan, normalnya darah menstruasi di hari pertama akan berwarna merah muda atau merah seperti darah segar.

Ilustrasi warna darah menstruasi. Foto: Shutterstock

“Di menstruasi hari pertama, darahnya warna merah muda karena dinding rahim baru luruh. Pada hari kedua warnanya mulai menggelap jadi merah dan di hari pertama dan kedua darah akan keluar cukup banyak. Selanjutnya di hari keempat dan kelima darah mulai berubah kecokelatan. Bahkan biasanya ada juga yang sudah tinggal bercak-bercak saja,” ungkap dr. Mery Sulastri dalam program video Ladies Talk kumparanWOMAN: Perempuan & Kebersihan Menstruasi bersama Betadine pada Jumat (25/6)

Tak hanya warna, menurut dr Mery ada empat hal yang perlu diperhatikan supaya kita lebih tahu apakah menstruasi yang kita jalani normal atau tidak. Ia memaparkan, yang pertama adalah kalau siklus menstruasi kita memanjang jauh dari biasanya. Kemudian yang kedua memendek, jadi selama tiga bulan berturut-turut kita tidak mengalami menstruasi.

Ilustrasi siklus menstruasi. Foto: Shutter Stock

“Kemudian pada saat kita menstruasi diiringi dengan rasa sakit yang hebat, ada yang guling-guling, pingsan dan lain sebagainya. Kemudian yang keempat, pada saat menstruasi keluar darahnya itu bergumpal-gumpal dan dibarengi dengan rasa sakit yang parah. Jika kita mengalami salah satu dari empat hal tersebut, sebaiknya segera konsultasi ke dokter,” ungkapnya.

Oleh karena itu Ladies, penting bagi kita untuk selalu mencatat siklus menstruasi setiap bulannya. Hal ini diperlukan supaya tahu menstruasi yang kita alami itu normal dan sehat atau tidak.

Comments are closed.