Bacaan Doa Ujian Sekolah agar Mendapatkan Hasil Maksimal

Ilustrasi doa sebelum ujian sekolah, sumber foto oleh cottonbro dari Pexels

Membaca doa merupakan salah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada setiap muslim. Ajaran Islam memang menganjurkan untuk mengucapkan doa baik sebelum maupun sesudah melakukan kegiatan. Salah satu kegiatan tersebut adalah saat sebelum ujian, orang Islam dianjurkan untuk melafalkan bacaan doa sebelum ujian sekolah agar mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, dengan berdoa niscaya akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT saat menjawab soal ujian.

Bacaan Doa Ujian Sekolah

Ilustrasi doa sebelum ujian sekolah, sumber foto oleh cottonbro dari Pexels

Berikut adalah kumpulan bacaan doa ujian sekolah agar mendapatkan hasil maksimal. Dikutip dari buku Kumpulan Doa dan Dzikir Muslim Cilik Sehari-hari karya Mahmudah Mastur, (2018).

Rabbisyrabli shadri wayassyirli amrl wahlul uqdatam mil-lisani yafwahu qauli

Artinya: “Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kelakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku”

Rabbanaa aatinaa mil ladunka rahmataw wa hayyi-lanaa min amrinaa rasyadaa

Artinya: “Ya Allah, ya Tuhan kami, berilah kami di sisi-Mu suatu rahmat dan persiapkan kami mengenai urusan kami dengan petunjuk-Mu.”

Allahummal thuf bii fii taisiiri kulli ‘asiirin, fa inna taisiira kulli ‘asiirin ‘alaika yasiir, as’alukal yusra wal mu’aafaata fid dun yaa wal aakhirati

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah aku dalam berusaha memudahkan setiap kesukaran, karena memudahkan setiap yang suka merupakan suatu kemudahan bagi-Mu. Aku memohon kemudahan dan keselamatan di dunia dan akhirat.”

Selain berdoa sebelum ujian sekolah ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Karena salah satu kunci dari ujian adalah persiapan yang matang. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai persiapan sebelum ujian sekolah.

Jangan belajar dengan sistem kebut semalam

Istirahat yang cukup sebelum ujian sekolah

Persiapkan segala keperluan ujian jauh-jauh hari agar tidak ada yang ketinggalan pas hari H.

Belajar dengan efektif sesuai dengan kebiasaan belajar masing-masing.

Demikian adalah pembahasan terkait dengan bacaan doa ujian sekolah agar mendapatkan hasil maksimal. Selamat melaksanakan ujian, semoga hasilnya sesuai dengan harapan. (WWN)

Comments are closed.