Awas, Jangan Lakukan Ini Saat Menginap di Hotel, Bisa Didenda Ratusan Ribu

Ilustrasi staycation di hotel Foto: Unsplash/Gaelle Marcel

Setiap hotel tentu memiliki aturan yang wajib ditaati traveler. Sebab, kalau ketahuan melanggar, sudah pasti kamu bisa saja kena denda atau charge.

Salah satu hal yang wajib kamu hindari saat menginap di hotel adalah bed down. Apa itu?

Ilustrasi tamu hotel bersantai di sofa Foto: Shutter Stock

Belum lama ini, viral di TikTok soal tamu yang kena denda hingga ratusan ribu karena ketahuan melakukan bed down. Video tersebut diunggah oleh akun @wimarionhotel, sebuah hotel di Semarang, Jawa Tengah.

Dalam video tersebut, terlihat pihak housekeeping yang memeriksa kamar setelah tamu check-out. Posisi kasur saat itu berada di bawah dan staf langsung melaporkannya kepada resepsionis.

Ilustrasi kamar hotel. Foto: Pixabay

Petugas yang mengetahui ada pelanggaran lalu melaporkannya ke resepsionis dan tamu hotel itu pun dikenakan denda sebesar Rp 350 ribu.

Saat tamu tak mau membayar, Front Office kemudian melaporkannya ke MOD atau Manager On Duty, sehingga tamu tersebut mau membayar.

Hal ini tentu bisa menjadi pelajaran bagi tamu, bahwa bed down adalah hal yang dilarang dilakukan di hotel.

Hal senada juga diungkapkan Director of Sales Marketing and Business Development Sahid Hotel & Resort, Vivi Herlambang. Ia menjelaskan tindakan tersebut adalah salah satu yang dilarang untuk dilakukan saat menginap di hotel.

Bed down sebenarnya tidak boleh. Bila itu terjadi maka tambahan biaya akan dikenakan. Charge seperti extra bed,” ujar Vivi, saat dihubungi kumparan, Jumat (2/7).

Ilustrasi menginap di hotel mewah Foto: Shutter Stock

Vivi mengatakan, bed down atau menurunkan kasur tidak diperbolehkan karena setiap kamar sudah memiliki kapasitasnya masing-masing. Selain itu, hal tersebut juga bisa merusak tempat tidur atau kasur yang ada di dalam hotel.

Setiap hotel memang melarang tamu melakukan bed down atau menurunkan tempat tidur ke lantai. Sebab, setiap hotel umumnya memiliki ranjang dengan dua lapisan kasur yang bisa diturunkan jika dibutuhkan.

Nah, menurunkan kasur inilah yang disebut bed down. Hanya saja, tamu tidak boleh melakukan ini sembarangan tanpa persetujuan pihak hotel.

***

(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)

Comments are closed.