AS Donasikan 1,5 Juta Dosis Vaksin Moderna ke Guatemala dan 2 Juta ke Vietnam

Vaksin Moderna COVID-19. Foto: REUTERS / Carlos Osorio

Amerika Serikat (AS) telah menunjuk negara selanjutnya yang akan menerima donasi vaksin COVID-19 Moderna. Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki.

AS akan mengirim 1,5 juta vaksin Moderna ke Guatemala dan juga 2 juta dosis vaksin merek yang sama ke Vietnam.

“Baik Guatemala dan Vietnam akan menerima [donasi] vaksin COVID dari pemerintahan Biden-Harris,” kata Psaki, Selasa (6/7), dikutip dari Reuters.

Selain Guatemala dan Vietnam, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang menerima donasi vaksin dari AS. Hal ini diumumkan saat Penasihat Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan berkomunikasi dengan Menlu Retno Marsudi, Sabtu (3/7).

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Emily Horne, mengungkapkan dalam komunikasi itu, Jake Sullivan menegaskan 4 juta dosis vaksin Moderna siap dikirim ke RI.

“Mr. Sullivan mengatakan AS akan mendonasikan 4 juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia dan vaksin tersebut akan dikirim melalui COVAX secepat mungkin,” kata Horne dalam keterangannya.

Presiden AS Joe Biden memang telah berkomitmen untuk berbagi 80 juta vaksin corona dengan negara-negara di seluruh dunia. Hal ini ia sampaikan dalam agenda KTT G7 pada Juni lalu.

Comments are closed.