Anies: Warga yang Butuh Bantuan, Datangi Posko COVID-19 di Kelurahan

Anies Baswedan membuka vaksinasi untuk Anak di Jakarta. Foto: Pemprov DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal mulai menutup jalan-jalan dan membatasi mobilitas warga di zona merah dan oranye mulai malam ini. Sehingga warga diminta untuk tetap tinggal di rumah.

Bagi warga yang membutuhkan bantuan, Anies minta agar mereka segera mendatangi posko penanganan COVID-19 di kelurahan. Di sana seluruh unsur Forkopimda siap memberikan bantuan.

“Bila masyarakat butuh bantuan, datangi posko yang ada di kelurahan. Di sana ada posko-posko, di sana ada unsur pemda, ada unsur Polisi dan TNI,” jelas Anies di Polda Metro Jaya, Sabtu (3/7).

Dia juga minta warga melapor bila menemukan warga Jakarta yang dicurigai terpapar. Jangan sampai penularan malah makin meluas.

“Bila Anda menemukan warga yang dicurigai terpapar hubungi posko, minta bantuan, jangan didiamkan. Bila didiamkan menular lebih banyak lagi, kami sekarang melakukan penambahan tempat penampungan, termasuk di JIEXPO yang bisa menampung 24 ribu orang,” kata dia.

“Kita tidak ingin bila terpapar tidak terlindungi, tidak terlayani. bawa, antar. kami akan siapkan,” tambahnya.

Anies mengatakan saat ini Jakarta dalam masa genting dan darurat. Dia minta agar para RT dan RW aktif melakukan identifikasi pada warganya. Sementara warga menjaga solidaritas kepada sekitarnya untuk saling membantu.

Infografik PPKM Darurat Berlaku di Jawa dan Bali.
Foto: kumparan

“Para Ketua RT, Ketua RW harus aktif untuk mengidentifikasi. Dan saya minta kepada seluruh masyarakat, kini saatnya membangun solidaritas sosial, kini saatnya bergotong royong membantu apabila di kampungnya, apabila di kompleksnya, ada keluarga yang mengalami kesulitan mari kita saling tolong, mari kita saling bantu,” tuturnya.

Dia memastikan pemerintah akan hadir melindungi seluruh warganya. Maka itu warga harus aktif melapor jika menemukan kesulitan.

“Pada seluruh masyarakat di Jakarta suasananya memang suasana kedaruratan, tapi tetaplah optimis bahwa negara tetap hadir, pemerintah hadir, dan pemerintah akan melindungi, akan mengayomi setiap warga yang mendapatkan masalah akibat COVID-19,” tegasnya.

Comments are closed.