Anggota DPR PAN Kena Tegur Hadir Rapat Usai dari Luar Negeri Tanpa Isolasi

Anggota Komisi II DPR F-PAN Guspardi Gaus. Foto: Dok. Pribadi

Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus mengaku baru pulang dari luar negeri. Namun, ia enggan menjalani isolasi mandiri sebagaimana aturan pemerintah.

Hal ini disampaikan Guspardi ketika hadir dalam rapat RUU Otsus Papua di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (1/7).

“Saya baru datang dari Kirgistan. Saya cemas juga semalam, mau diinapkan di hotel. Dan memang cara-cara yang dilakukan tidak baik oleh Departemen Kesehatan. Saya ingin hadir pada kegiatan ini. Jadi, mohon maaf kalau seandainya saya terlambat,” Kata Guspardi ketika dipersilakan berbicara oleh Ketua Pansus Komarudin Watubun.

Pengakuan Guspardi langsung direspons oleh peserta rapat lainnya. Anggota DPR dari Fraksi PDIP My Esti Wijayati mengaku keberatan dengan sikap Guspardi.

“Cuma Pak Gaus harus rapid test dulu karena dari luar negeri, saya deg-degan tadi, Pak Gaus dari luar negeri. Jadi kita kalau mau deket-deket Pak Gaus agak ngeri-ngeri juga, terima kasih Pak,” tutur Esti singkat.

Hal senada juga disampaikan anggota DPR dari Fraksi PKB Heru Widodo. Ia menilai seharusnya Guspardi menjalani swab PCR dan isolasi mandiri.

Anggota Komisi IX DPR, Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay. Foto: Dok. Pribadi

Respons Ketua Fraksi PAN

Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay mengaku sudah mengingatkan Guspardi soal sikapnya itu. Saleh mengatakan, pihaknya akan melakukan verifikasi atas kejadian ini.

“Jadi kita sudah mengingatkan secara keras kepada Pak Guspardi Gaus. Nanti terkait langkah selanjutnya akan ada evaluasi dari partai. Yang jelas saya sudah diperintah Ketua Umum (Zulkifli Hasan) memberikan peringatan dan teguran keras kepada saudara Guspardi Gaus,” kata Saleh.

Lebih lanjut, atas nama Fraksi PAN, Saleh memohon maaf atas sikap Guspardi tersebut.

“Mudah-mudahan Pak Guspardi tidak akan mengulanginya. Dan kami akan mengingatkan keras kepada seluruh anggota agar hal itu tidak terjadi lagi terutama tentu Pak Guspardi dan anggota fraksi PAN lainnya,” tutup Saleh.

Comments are closed.