Amerika Serikat Donasikan 4 Juta Dosis Vaksin Moderna untuk Indonesia

Ilustrasi vaksin corona Moderna.
Foto: Mike Segar/REUTERS

Penasihat Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan berkomunikasi dengan Menlu Retno Marsudi, Sabtu (3/7). Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS, Emily Horne, mengungkapkan dalam komunikasi itu, Jake Sullivan menegaskan dukungan AS kepada masyarakat Indonesia yang tengah menghadapi lonjakan kasus COVID-19.

“Mr. Sullivan mengatakan AS akan mendonasikan 4 juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia dan vaksin tersebut akan dikirim melalui COVAX secepat mungkin,” kata Horne dalam keterangannya yang dikutip kumparan.

Selain itu, Jake Sullivan dan Retno juga membahas rencana AS untuk meningkatkan bantuan penanganan kasus COVID-19 di Indonesia.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan. Foto: Tom Brenner/REUTERS

“Mr. Sullivan menyoroti pentingnya pemerintahan Biden-Harris di Indonesia, Asia Tenggara, dan mengakhiri pandemi secara lebih luas dan menjanjikan dukungan berkelanjutan dan keterlibatan tingkat tinggi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan Indonesia akan mendapatkan bantuan vaksin Moderna dari AS. Ia berharap dengan bantuan vaksin dari AS, akan semakin banyak dosis vaksin yang didapatkan untuk mempercepat target vaksinasi Indonesia.

“Kalau dapat mungkin akan ada 10 juta [dosis vaksin] dari Australia dan dari Amerika 4 juta dosis Moderna. Jadi semakin banyak dosis vaksin yang akan kita dapatkan. Kalau lebih banyak lagi, maka terima kasihnya lebih banyak,” kata Budi dalam jumpa pers virtual, Kamis (1/7).

Comments are closed.